5 Tips Persiapan Anak TK Kembali Ke Sekolah

tip persiapan masuk sekolah

Usia balita (bawah lima tahun) adalah fase usia untuk anak banyak bereksplorasi dan bermain. Makanya untuk si kecil yang masih duduk di bangku kelas Taman Kanak-Kanak (TK) pasti sangat antusias menyambut datangnya liburan panjang seusai penerimaan laporan hasil belajar atau raport. Bagi anak TK, liburan adalah saat yang dinantikan karena mereka tak perlu bangun pagi lalu sarapan dan berangkat ke sekolah setiap hari.

tips balik sekolah setelah liburan tk

Liburan juga waktu di mana mereka boleh bermain dan menonton televisi lebih lama daripada hari-hari sekolah.Pastinya anak moms yang masih TK juga seperti ini kan?  Btw, selama liburan kemarin kemana aja nih? seru ya pastinya karena saat-saat ini kita bebas dari tugas pekerjaan dan anak-anak juga lepas dari tugas sekolah kan…

blog tips jalan keluarga travel

Sebetulnya si kecil boleh-boleh saja sih menikmati waktu liburannya dengan cara seperti itu. Tapi jangan sampai kebablasan ya moms. Biar bagaimanapun anda tetap harus mempersiapkannya untuk kembali ke sekolah setidaknya satu sampai dua minggu sebelum hari pertama sekolah di tahun ajaran baru dimulai. Mengapa? menurut saya masa transisi ini penting karena seperti kita ketahui anak-anak khususnya pada usia dini masih dalam tahap pembentukan habits (kebiasaan) dan rutin. Jadi apabila ada sesuatu dinamika yang berubah (ciyeee dinamika..) pastinya perlu adjustment atau perlu ada fase penyesuaian lagi….ya kan?

Lalu, bagaimana sih cara mempersiapkan anak untuk get ready to back to school again?

1. Menciptakan rutinitas kembali

Sekitar 7-10 hari sebelum si kecil kembali masuk sekolah, mulailah menciptakan rutinitas seperti hari-hari sebelumnya. Misalnya dengan membiasakan ia bangun pagi dan tidur malam di waktu yang sama seperti hari sekolah. Hal ini akan membuat ‘jam tubuhnya’ kembali normal sehingga begitu hari pertama sekolah kembali itu datang, si kecil akan otomatis bangun tanpa drama cranky hehe.

2. Berbicara atau membaca buku tentang sekolah
Banyak cara untuk membangun bonding dengan si kecil,moms. Salah satunya dengan bercakap-cakap atau membaca buku tentang sekolah. Anda bisa menceritakan tentang pengalaman masa kecil anda saat di TK dahulu kepada si kecil. Lalu minta si kecil untuk berbagi pengalaman menyenangkannya ketika di sekolah sehingga rasa rindunya untuk kembali bersekolah pun muncul deh.

3. Mempersiapkan kebutuhan sekolah si kecil seperlunya
Di masa back to school ini biasanya di toko perlengkapan sekolah atau departemen store di kota anda pasti sudah mulai ‘membanjir’ kebutuhan sekolah yang lucu dan imut dengan beraneka bentuk. Rasanya ingin membelikan si kecil semua itu kan? Sesungguhnya hal itu tak perlu. Selain sifatnya jadi pemborosan, si kecil nanti jadi beranggapan bahwa esensi bersekolah itu adalah memiliki banyak perlengkapan sekolah. Padahal dengan memiliki perlengkapan sekolah yang sewajarnya saja asalkan si kecil mau belajar dengan baik itu sudah lebih dari cukup lho moms. Saya pribadi prefer untuk memilihkan pernak pernik yang agak netral, tujuannya sih supaya si kecil ngga malah lebih konsentrasi ke pernak perniknya sendiri dibanding ke kegiatan di sekolah. That’s just my two cents!

4. Datang ke sekolah beberapa hari sebelum sekolah dimulai
Jika anda punya waktu lebih, ada baiknya ajak si kecil mengunjungi sekolah beberapa hari sebelum kelas hari pertama kembali dimulai. Bila memang memungkinkan, perkenalkan ia dengan guru baru yang akan mengajar selama setahun ke depan. Hal ini akan meminimalisasi rasa tak nyamannya ketika ia harus berhadapan dengan suasana dan teman baru yang akan dijumpainya nanti.

5. Persiapkan Diri Anda Sendiri (Fisik dan Mental)

Haha, yang ini kekitanya sendiri ya, selain si kecil dipersiapkan secara mental, fisik dll , kita sendiri juga perlu mempersiapkan diri kita. Memulai menulis jadwal ke depan, beberapa bulan ke depan apa yang perlu dilakukan, apa yang perlu disiapkan dan mungkin mulai mencari ide-ide bekal ke sekolah yang praktis.

Bagi anda yang homeschool, anda juga bisa menerapkan tip di atas , mungkin anda perlu reorganisasi ruang belajar, perpustakaan dan materi-materi si kecil yang ada di rumah ya. Selain itu tentunya mempersiapkan diri anda sendiri! Good Luck!

Nah, bagaimana IMC moms, sekarang anda berdua si kecil sudah lebih siap ke sekolah kan 😊😊😊 Semoga hari pertama kembali ke sekolah nanti menyenangkan ya….. Enjoy!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *