Ide Bermain Sensory Anak : Sensory Bin – Arctic vs. Antartica Fun Fizzing

Sensory Bin selalu menjadi salah satu kegiatan favorite C … matanya selalu berbinar-binar kegirangan kalau melihat mommynya siapin Sensory Bin…terutama kalau tema-nya sesuai interest dia saat itu…apalagi segala sesuatu yang berhubungan dengan air…wah..ga sabar langsung pengen main….
Beberapa minggu yang lalu, saya menyiapkan Sensory Bin bertemakan Arctic vs. Antartica … pertama-tama saya siapkan dulu berbagai macam es yang sudah dibekukan dan berwarna biru (air + pewarna makanan beberapa tetes dibekukan di berbagai macam wadah…) Dikeluarkan lagi mainan-mainan C yang berhubungan dengan kutub….binatang-binatang yang ada di kutub utara dan kutub selatan…dll….selanjutnya saya juga menyiapkan cuka  biru (vinegar) dan soda kue (baking soda) . Untuk cuka biru…saya campurukan cuka dengan pewarna makanan secukupnya. Selain itu saya siapkan juga sprinkles berwarna biru untuk toping kue…tweezer, sekop, sendok, dll
Bisa dibayangkan betapa excited nya C begitu bangun dari nap nya…ngeliat sensory bin yang satu ini… Dia langsung bilang “Viiinegarrr….Bakiing Sodaaa…play play!!!” (saking seringnya main sama vinegar dan baking soda….dia kesenengan sendiri kalau ngeliat cuka…di toko juga begitu -_-” dan juga kalau ngeliat cuka..dia bakal begging minta baking soda….memang 2 bahan ini harus selalu di stok banyak2….untungnya stok cuka saya bergalon2 …karena dulu beli untuk bersih-bersih eh tapi ga habis-habis karena jarang ya ternyata bersih-bersihnya…bagus deh repurpose the cuka 🙂
C main dengan sensory bin ini sampai lebih dari 1 jam …mommy dan daddy bisa sit back dan baca-baca…hihi santai dulu ah….
Salah satu alasan kenapa saya senang banget nyiapin Sensory Bin…karena aktifitas ini seruuu!!! dan bisa capture their attention for hours…and days… hihihi disaat mommy perlu ME TIME…udah pasti keluar deh sensory bin nya…selain itu juga bagus untuk melatih fine motor skills, berkreasi, imajinasi, dll…pokoknya banyak sekali kegunaannya…Kalau masalah “mess” setelah bermain…bisa di bilang berantakannya ga seberapa….soalnya mainnya di dalam Bin aja….C ngerti kalau tuang-tuang dll itu diusahakan di dalam Bin aja…ya kadang-kadang ada tumpah di sekitar nya tapi minimal banget…yang gampang banget bersihinnya …jadi meskipun ga ada bibi disini…ga usah repot bersih-bersih….
Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *