Kecerdasan Majemuk Anak , Berbagai Tipe Kecerdasan Anak

Yuk Kenali Berbagai Tipe Kecerdasan Anak Moms!

Disadari atau tidak nih moms, kita pasti sering pernah terlintas…

“Kok anakku baru bisa berhitung sampai 20 ya, sementara anak dia sudah bisa sampai 50? Padahal usianya sama-sama 4 tahun?”

Moms, membandingkan anak kita dengan anak lain itu sebenarnya tidak dibenarkan lho. Kenapa? Karena ternyata tiap anak punya kecerdasan masing-masing yang berbeda. Nah menurut pakar pendidikan dan psikologi, Howard Gardner, ada 9 tipe kecerdasan yang dikenal sebagai kecerdasan majemuk atau multiple intelligences.

 

Jawa Pos – @IMCLittleScientist

 

 

Memang selama ini Cbelum les apa-apa, baru tahun lalu mulai ikut taekwondo dan tahun ini kita mulai musik (piano). Yang ia inginkan itu sebetulnya les robotik tapi minimal usianya belum bisa huhuhu kasian deh tiap lewat dia minta terus….Kata Doktornya, memang usia 5-8 ini exposure aja yang diperlukan, supaya kita bisa lihat juga anak kita sukanya kemana...exposure ke berbagai bidang dan dompet ibu bapak ikut terekspos nampaknya hahahahaa…

Selain itu, setelah mengenal lebih jauh tentang C saya  semakin yakin dengan keputusan saya “stay home” dan juga keputusan saya untuk homeschool selama beberapa tahun kemarin. Tugasnya makin banyak ternyata hehehee….kadang kangen ga sih masa muda? (Cieeee masa early 20 gitu…). Untuk saat ini C sudah ke sekolah dan kita akan lihat beberapa tahun ke depan bagaimana. Karena sudah yakin betul meskipun ke sekolah C tetap perlu mendapatkan tambahan super ekstra di luar sekolah (HAHAHAA, ini berarti abis sekolah, terus lanjut homeschool gitu kali ya…). Mengapa? ini salah satu upaya untuk tidak membuat C bosan, underachieving, underperform dan malah ga mengenal cara pursue something yang challengeing dan sulit itu seperti apa. Padahal kita inginnya anak kita itu pantang menyerah kan ya?

 

 

 

Nah, sekarang apa saja sih 9 jenis kecerdasan ? menurut saya sangatlah penting untuk mengobservasi dan mengenal anak kita masing-masing (bukan dibandingkan dengan anak lain , ga ada gunanya karena setiap anak lahir dengan in-born talent masing-masing yang berbeda dan jenis area yang berbeda.) Semoga penjelasan di bawah bisa membantu Moms untuk mengenal lebih jauh anak anda ya Moms 🙂

Apa saja 9 kecerdasan itu? Simak yang berikut ini.

 

  • Kecerdasan matematika-logika

 

Anak dengan kecerdasan ini cenderung menyenangi kegiatan menulis dan mempelajari sebab akibat terjadinya sesuatu. Ia juga suka kegiatan hitung menghitung dan bermain teka-teki. Nah asah kemampuan si kecil ini dengan mengajarkan anak menghitung jumlah buku atau mainan miliknya. Atau anda juga bisa mengajaknya mengelompokkan barang tertentu seperti baju, celana, kaus kaki, atau sepatu miliknya.

Moms juga dapat menggunakan buku Montessori di Rumah : 55 Kegiatan Keterampilan Hidup dan 55 Kegiatan Matematika sebagai panduannya ya!

montessori di rumah matematika

 

  • Kecerdasan bahasa

 

Anak yang memiliki kecerdasan ini bisa menggunakan kata atau bahasa baik lisan atau tulisan dengan sangat baik dibandingkan teman seusianya. Ia juga suka mengarang, membaca, memiliki daya ingat tajaam dan detail terhadap sesuatu. Latih kemampuan satu ini dengan sering mengajaknya mengobrol atau menceritakan buku dongengnya kepada anda dengan bahasanya sendiri.

IMC Little Scientist

  • Kecerdasan musikal

 

Si kecil yang kecerdasan musikalnya tinggi umumnya peka terhadap nada dan irama. Ia senang mendengarkan musik, bermain alat musik, ataupun bernyanyi. Jadi jika si buah hati termasuk golongan ini, asah kecerdasannya dengan memutar banyak lagu anak-anak, mengajaknya berkaraoke, atau ikut kursus musik atau vokal saja ya. Anda juga dapat mengasah kemampuan yang satu ini dengan mengajak anak bermain alat musik buatan sendiri loh! 

 

 

  • Kecerdasan visual-spasial

 

Anak dengan tipe kecerdasan ini mampu memahami atau membedakan posisi dan letak dalam obyek atau ruang. Biasanya ia juga gemar dalam kegiatan seperti mencari jejak atau menggambar bentuk/dimensi seperti kubus, persegi panjang, dan sebagainya. Latih kecerdasan si kecil ini dengan meminta ia mengerjakan perintah anda melalui petunjuk yang spesifik. Contohnya, “Nak, tolong ambilkan buku agenda mama di sebelah kiri atas lemari pakaian di kamar ya.” Selain itu anda juga bisa melibatkannya dalam banyak kegiatan seperti menggunting, menggambar, melipat, olah raga, dll.

 

  • Kecerdasan kinestetik

 

Boleh dibilang, ciri khas anak dengan kecerdasan kinestetik adalah tidak bisa diam atau sangat aktif berlari, melompat, berjinjit, atau dalam hal ketangkasan lain yang berhubungan dengan aktivitas tubuh. Yuk, rangsang kecerdasan si buah hati yang kinestetik ini melalui kegiatan olahraga bersama seperti lari pagi, bersepeda di akhir pekan, menari, atau mengikutsertakan dalam kursus bela diri.

 

  • Kecerdasan interpersonal

 

Tipe ini disebut juga kecerdasan sosial karena anak dengan kecerdasan seperti ini cenderung mudah bersosialisasi dengan siapa saja dan ia juga bisa memimpin, cepar memperoleh simpati, dan punya banyak teman. Rangsang kemampuan ini dengan sering mengajak playdate atau bertemu teman baru di playground atau taman bermain ya moms!

 

  • Kecerdasan intrapersonal

 

Anak dengan kecerdasan intrapersonal biasanya memiliki kepekaan tinggi terhadap dirinya sendiri nih. Anak tipe ini cenderung percaya diri/ tidak minder, tidak mudah putus asa dan berani tampil di depan masyarakat banyak. Latih kecerdasan ini dengan membawa ia dalam banyak perlombaan yang sesuai dengan minatnya ya. Selain itu anda perlu menekankan bahwa yang terpenting adalah proses, keinginan untuk mencoba dan tidak mudah menyerah. Hal-hal seperti ini lebih kita apresiasi daripada hasil akhirnya ya Moms!

 

 

  • Kecerdasan naturalis/alam

 

Si kecil yang punya kecerdasan naturalis/alam ini senang berada di lingkungan terbuka/alam seperti pantai, gunung, laut, atau hutan. Ia juga suka dengan berbagai hal yang berkaitan dengan flora/fauna dan cenderung tangguh di luar ruangan. Nah anda bisa merangsang kecerdasan tersebut dengan sering mengajaknya ke kebun binatang, taman safari, atau aneka obyek wisata alam lain di seluruh Indonesia maupun luar negeri.

 

  • Kecerdasan eksistensial

 

Anak dengan kecerdasan ini sudah mulai mencari jawaban atas pertanyaan sulit tentang eksistensi manusia seperti : mengapa manusia hidup, mengapa manusia mati, apa makna dan tujuan hidup itu, dan sebagainya. Anak ini juga cenderung religius atau memiliki keyakinan agama yang tinggi lho. Rangsang atau latih kecerdasannya tersebut dengan membelikan buku cerita tentang agama anda, kitab suci anak-anak, memperdengarkan ceramah atau khotbah dari pemuka agama dalam bahasa yang dimengerti anak, hingga mendengarkan lagu rohani.

Bagaimana nih moms? Sudah jelas bukan? Kira-kira dari 9 kecerdasan majemuk ini si kecil ada di nomor berapa saja ya? Yuk kita asah!

 

best seller montessori di rumah

Bagi yang kesulitan dan kehabisan untuk mendapatkan ketiga buku Montessori di Rumah bisa Hubungi RIDHO (WhatsApp) : +6285766221262


 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

2 Comments

  • Mom C, saya mau nanya yaa..
    Untuk kecerdasan majemuk anak, itu apakah hanya 1 aja, atau bisa kombinasi bbrp kecerdasan??
    Karena kalo saya baca dari sharing di atas, kok ada bbrp macam kecerdasan yg anak saya termasuk di dalamnya..

    Contoh :
    Anak saya (perempuan usia 5th), suka hitung menghitung..
    Tp dia jg seringkali bernyanyi (kalo lagi ngelakuin apapun sering sambil nyanyi ato humming)..
    Dia jg aktif bgt, suka keliling2, kesana kemari, lari2, lompat2, nari2, dll.. Pokoknya tiada hari tanpa gerak..
    Nah, dia jg sering nih, misal di suatu tempat, ada anak2 (mau yg sebaya, lebih kecil, ato lebih besar), lsg tuh didatengin sama dia, diajak main bareng, ato minimal diajak salaman & kenalan..
    Dia jg suka kalo harus tampil di depan banyak org, ga takut2 gt..

    Jadi, apakah bisa, setiap anak punya bbrp macam kecerdasan?? Biar saya ini bisa seperti mom C jg, mengajari anak sesuai dgn kecerdasan mereka

    Makasih mom C..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *