Gantinya Kata “Tidak”

tips parenting anak

Gantinya Kata “TIDAK”

 

Dear Mommies , Daddies dan para pendidik semua…kali ini MomC mau sharing tentang tips-tips menggantikan kata ‘TIDAK” dan kata-kata tersirat negatif lainnya dalam bincang-bincang dengan si kecil.

Sebelumnya MomC juga ingin menekankan bahwa memang tidak mudah untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, terlebih lagi apabila kata-kata tersebut kerap kita dengar dari orang di sekitar kita dan bahkan dari kita masih kecil. Tentunya MomC dan DadC juga masih harus terus banyak belajar dan keceplosan sana-sini huhuhu…tapi saya selalu berpendapat bahwa jadi orang tua itu selalu perlu belajar, mendengar dan berusaha berubah (meski ga gampang memang dan sebagai manusia tentu kita juga kadang punya batas-batas tertentu…) Tetapi saya yakin kalau kita berusaha, si kecil kelak memaklumi kok kelemahan-kelemahan dan ketidaksengajaan kita, yang penting terus berusaha dan kalau salah ya minta maaf. Yang pasti si kecil selalu harus sadar dan ingat bahwa dirinya dicintai PENUH, tidak bersyarat:)

Yuk disimak kata-kata pengganti tersebut !

“Jangan pukul !” diganti dengan  “Tangan untuk melakukan hal-hal yang baik…”

tips pendidikan karakter usia dini

“Jangan katakan itu!” diganti dengan “Coba pilih kata-kata lain…”

tips parenting anak balita prasekolah

“Berhenti marah-marah dan menangis!” diganti dengan “Tolong gunakan kata-katamu…”

tips parenting anak

“Saya tidak dapat mendengarmu!” diganti dengan “Bisa bicara lebih jelas?”

pepatah orang tua

“Saya tidak akan membelikanmu barang itu.” diganti dengan “Daripada beli itu, gimana kalau kita…”

tips mendidik anak

“Jangan sedih dan kesal terus!” diganti dengan “Sah-sah saja kamu merasa kesal, bisa ceritakan perasaanmu?”

tips untuk orang tua mendidik anak

“Itu bukan untuk kamu.” diganti dengan “Barang itu milik si B, kamu mau yang ini?” (berikan barang lain)

pepatah untuk orang tua

“Udah ga boleh main lagi!” diganti dengan “Mungkin kita bisa lanjutkan main lagi setelah…”

photo 2-157

Serius!!!! pas ngetik ini aja MomC langsung keluar dibenak kejadian-kejadian hari ini di mana disana sini MomC menggunakan kata-kata negatif 🙁 , sorry dear C ! 

Bukannya artinya lalu anti menggunakan kata “TIDAK” atau “JANGAN” tapi keseringan menggunakan kata tersebut pada hal-hal kecil dalam kejadian sehari-hari malah berdampak si kecil ga mempan kalau lain kali ditegur untuk hal penting dengan kata “JANGAN” alias udah kebal…lebih baik kata-katak “JANGAN” atau “TIDAK” digunakan untuk hal-hal yang betul-betul “Urgent” / penting seperti : “JANGAN main dekat api!” , jadi si kecil dapat membedakan kalau “JANGAN” ya jangan dan bahaya…

tips mendidik anak

Yang pasti kata-kata ini MomC cetak , laminasi dan tempel di berbagai ruangan untuk ingetin diri sendiri dan DadC …dan tentunya disana sini kami masih aja keceplosan dan ga sengaja mengungkapkan kata-kata tersebut…yang pasti kami percaya dan yakin sebagai orang tua selama kami mau mendengar dan belajar tentunya itu akan berdampak lebih baik untuk si kecil dan keluarga kami! Happy trying! 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

1 Comment

  • Iyaaaa mom sehari-hari tuh susah yaaaa udah kebiasaaann haha, aku coba ubah ga di kata pertama “jangan” nya…tapi ya itu tetap ga gampang…soalnya katanya kalau kebanyakan jangan akhrinya anaknya ga berani coba terusnya pas “NO” beneran yang bahaya jadi susah bedain dia …thanks Mom inputnyaaaa share2 ya kalau ada lagi masukan dari ilmu hypnoparenting…sama-sama inspirasi each other di IMC yaaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *