Hands On SUDOKU , yuk main sudoku!

C always loves puzzles! dari C masih kecil dia hobi banget yang namanya solving puzzle problems hahaaha…jadi ingat jaman C masih bulad-bulad dan tanganya masih unyu banget tapi serius banget kalau main puzzle , kurang lebih usia 1.5 menjelang 2 tahun bisa dibilang C lagi sensitive periods banget sama jigsaw puzzle mulai dari 2 keping, 4,6,8,12,24,35 ia buat semua . Setelah C berusia 2 tahun, ia mulai tertarik pada jenis-jenis puzzle game lainnya dan sebagai orang tua saya berusaha memberikan stimulasi di bidang ini karena saya tahu betul dia suka banget! saat ini C sudah berusia 4 tahun , jadi semakin banyak puzzle dan kegiatan berhubungan yang bisa ia lakukan salah satunya Sudoku. Waktu itu kenalan sama sudoku game ga sengaja waktu kita lagi dinner di family restaurant di amerika , as usual anak-anak diberi tatakan makan khusus dan lembar kegiatan serta crayon supaya bisa sibuk gitu kali ya! nah di lembar yang diberikan ini ada sudoku super simple dan C ngotot bikin itu. Awalnya saya katakan “nanti aja C, kayaknya ini untuk bigger kids…” (Sebetulnya karena saya udah lapar banget dan ga sabar melahao semua thin crusted pizza di depan mata😅). Karena C persisten dan minta buat itu akhirnya saya beri contoh sedikit dan semenjak itu lah C jadi kenal sudoku. Lahhh tapi sebelumnya C lagi suka banget main word search puzzle langsung ditinggal dan beralih ke sudoku, oh well ya sudah nanti juga balik lagi ya C!


Kali ini saya dan C mau share salah satu ide kegiatan puzzle Sudoku, mungkin cocok untuk anak berusia 6-10 tahun ya. Sudoku kali ini jug spesial karena itu saya menamakannya “Hands On Sudoku” . Kalau biasanya mengerjakan sudoku itu di selembar kertas, kali ini kami bring the sudoku alive dengan memainkannya menggunakan spielgaben V4 kami.

Sebelumnya, ngapain sih main sudoku? bukannya itu mainan orang tua ya? to be honest with you ,at some point I kinda relate sudoki with elderly too! hahaha tapi setelah melihat ternyata anak-anak seperti C juga suka akhirnua saya merasa Oh Sudoku ini mainan HIP juga toh! kekekekeke…..

Bermain puzzle Sudoku baik untuk mengembangkan kemampuan  berpikir kritis (critical thinking skills) , meningkatkan rasa percaya diri dengan  berlatih menyelesaikan challengeing tasks. Saat bermain Sudoku anak menggunakan logikanya dan belajar menerapkan proses eliminasi untuk menentukan bagian mana yang hilang dan diperlukan untuk melengkapi kotak-kotak kosong. Menurut saya bermain sudoku ini seru karena secara tidak langsung anak mengasah kemampuan berpikir secara logis (mengasah logika) dan strategis serta melatih kemampuanh menyelesaikan masalah (problem solving skills).  C perlu memutuskan ingin fokus pada baris ataupun kolom yang mana dulu ya? amazing game!

Untuk “Hands on Sudoku” kita kali ini sengaja kami mulai dengan lebih sederhana yakni 16 kotak dulu ya. Terdiri dari 4 baris dan 4 kolom dan 4 jenis yang masing-masing ada 4 buah.

Saya memberi challenge dengan mengisi beberapa kotak-kotak yang ada dan C diminta melengkapi kotak-kotak yang masih kosong.

ahhh C paling demen deh yang begini-begini !

Setelah selesai seru-seruan bermain Sudoku menggunakan loose parts dari Spielgaben V4 , C memilih untuk kreasi bebas dan membuat beberapa konstruksi. Kata C , ini balance!

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *