Kegiatan Sensorial Bayi Montessori 1 : Mengikuti Gerakan Dengan Mata

Hi moms ga terasa C2 sudah mau 3 bulan loh…. time flies yaaaa… thankful tidurnya sudah lebih panjang hahahaa… semoga things get easier ya…

Kan banyak yang bilang setelah 3 bulan lebih mudah hehehe benar sih waktu C1 begitu, lebih mudah lagi setelah 6 bulan… kalau sudah 1 tahun ke atas udah OK banget hehee cuma perlu siapin tenaga ekstra aja untuk ke park dan main-main…

Ada cerita lucu tentang C1 beberapa saat lalu saat kami sekeluarha brunch wkwkwk…

C1: Mom, Dad look!! π on my pancake!

Mom :PIE? it is a pancake not pie… (confused kenapa C1 ga bisa bedain PIE dan pancake Hixx what’s wrongggg today!!)

C1 : PIE…..

Mom: PEE? Ssshhhh don’t say such thing we are eating… (biasa anak kan suka melesetin kata-kata kali mau becanda ya..🤔)

C1: NOT PEE, π !

Mom : Yes Pi? who is Pi? (blur) what pii? pee? do you want to pee? (bergegas ngajakin ke wc) 😞

C1: LOOK clearly, The shape!! it is Pi not PEE or PHI or whatever 😞 MOMMMM?????

Mom : Oh , OK! let me finish my cup first 😴(muka blank and slow…mombie mode)

Hahahaa ya begitulah ya… padahal tidurnya udah lebih cukup tetap aja masih ga nyambung, well back to baby C2 now..

Salah satu kegiatan stimulasi #IMCMontessoriBaby yang dapat Moms lakukan untuk bayi usia ini saya share di bawah ya! kegiatan yang satu ini terlihat sederhana tapi si kecil suka loh, kadang bisa sampai 10-15 menit kalau main yang satu ini.





 

Tujuan : mengikuti arah benda, mengenal berbagai bentuk dan warna serta meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi

Bahan : benda-benda real di sekitar kita yang dapat dan mudah digenggam dengan tangan yang menarik untuk bayi baik secara visual dan indra lainnya.

Usia : >> 3 bulan

Tips:

Pilih benda dengan warna “solid” yang mudah dideteksi anak seperti bola-bola empuk dan lembut dengan warna terang , mainan yang dapat berbunyi, dll

Kali ini saya menggunakan bola-bola berwarna terang dan tekstur halus dari laci Spielgaben kami #SpielgabenWithIMC

Carilah waktu dimana si kecil dapat melihat ke arah Moms, si kecil dapat duduk dengan punggung tertopang dengan bantal khusus ataupun tengkurap.

Duduklah di depan si kecil dan tunggu sampai si kecil memerhatikan anda. Senyum dan ambilah 1 benda yang sudah disiapkan dan mulai perhatikan benda tersebut di depan si kecil. Amati perlahan menggunakan seluruh indra anda, apabila benda tersebut dapat berbunyi, anda dapat membunyikannya sehingga si kecil aware.

Letakkan benda tersebut searah dengan penglihatan si kecil. Ketika si kecil fokus terhadap benda tersebut pindah benda tersebut perlahan ke kiri lalu perlahan gerakan ke kanan.

Apabila si kecil kehilangan fokus, anda dapat mengulang lagi meletakkan benda tersebut searah dengan pandangan anak dan memulai lagi.

Waktu yang anda perlukan untuk menggerakan benda disesuaikan dengan usia bayi dan juga kemampuan bayi untuk fokus dari hitungan detik sampai menit.

Berikan kesempatan si kecil untuk berusaha meraih benda tersebut juga dan berikan kesempatan penuh untuk si kecil mengambil dan mengobservasi benda tersebut.

Ada berbagai jenis arah dan gerakan yang dapat moms coba lakukan seperti atas-bawah, kanan-kiri, memutar, zigzag, lambat-cepat , melingkar, dll.

Anda juga dapat menggantungkan benda-benda yang menarik di atas baby gym saat si kecil bermain ya!

Happy trying! have fun #IMCMontessoriBaby

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *