Land , Water and Air Activity

Land, Water and Air Montessori Activity

(Tanah / Daratan , Air / Lautan dan Udara)

 

Kegiatan yang satu ini merupakan kegiatan dari lanjutan kegiatan C sebelumnya , memasang puzzle kayu benua-benua di dunia. Pada kegiatan kali ini , MomC ingin mengenalkan mengenai daratan , lautan dan juga udara kepada C dengan cara yang lebih mudah ditangkap yakni memberikan kesempatan ke C untuk eksplorasi sendiri ke tiga unsur tersebut. MomC menyiapkan ketiga unsur tersebut di dalam wadah bening yang tujuannya adalah supaya mudah di lihat dari berbagai sudut. Wadah pertama MomC isi dengan DIY cloud dough berwarna coklat yang selanjutnya melambangkan daratan , wadah kedua MomC isi dengan air berwarna biru yang melambangkan air / lautan dan wadah ketiga dibiarkan kosong yang selanjutnya melambangkan udara.

photo 5 (11)

Land – Air – Water Montessori Activity

photo 1 (17)

Selain itu momC juga menyiapkan berbagai miniatur binatang dan buku mengenai binatang yang nantinya akan C kelompokkan dan cocokan sesuai tempat hidup masing-masing binatang.

photo 2 (18)

Pada awalnya MomC memulai kegiatan kali ini dengan meminta C mengambil bola dunia dan menanyakan beberapa benua di dunia dan terakhir tentunya MomC juga menanyakan tentang Indonesia. C dengan antusias memutar-mutar bola dunia tersebut dan ketemu aja benua dan Negara yang MomC minta …pertama North America, lalu kedua momC minta untuk menunjukan Europe selanjutnya Asia dan terakhir Negara Indonesia. Yay! keliatannya cukup diasosiasikan dengan baik pengalaman C dengan peta bertekstur dengan bola dunia ini. Well Done C!

photo 1 (18)

Selain itu juga MomC tanykan yang mana saja bagian lautan di bola dunia? dan C menunjukkan semua area-area yang berwarna kebiruan itu, katanya “This is ocean!”

photo 4 (12)

Selanjutnya MomC mulai dengan cerita singkatnya mengenai daratan , lautan dan juga udara….selanjutnya MomC mulai bercerita bahwa sebagian binatang ada yang tinggal di daratan, sebagian tinggal di lautan dan sebagian dapat terbang di udara. MomC memberi contoh untuk mengelompokkan binatang-binatang tersebut, tetapi C langsung antusias dan melanjutkan kegiatan mencocokan tersebut…pertama C ambil kupu-kupu dan lebah…ditaruh di wadah “Udara”.

photo 2 (17)

Woww banyak sekali yang tinggal di daratan ya! Sampai tertumpuk-tumpuk begini! hahaha

photo 3 (13)

Selanjutnya C juga melanjutkan kegiatan ini dengan transfer menggunakan scoop nya atas permintaannya sendiri…Kata C , kayak pakai gunting buka tutup begini…Nah demikian kegiatan kami hari ini, yuk dicoba di rumah!

Kelanjutan dari kegiatan ini dapat diteruskan dengan mengenalkan si kecil ke berbagai fauna / binatang yang ada di dunia dan juga fauna yang merupakan khas dari tiap pulau di Indonesia, untuk kartu Montessori 3 bagian Fauna – Fauna di Indonesia dapat di unduh dan di cetak sekarang  Unduh / Cetak Printable Kartu 3 Bagian Indonesia Montessori bertemakan Binatang (Fauna) di Pulau Jawa , Bali dan Nusa Tenggara

Yuk dicoba dan dicetak kartu nya !

Untuk mendaparkan notifikasi Artikel dan Printable terbaru dari IndonesiaMontessori.com , masukan email anda di kotak oranye dan jangan lupa verifikasi. Thanks!

 

 

 

 

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *