Shapes, Shapes, Shapes are Everywhere!

review spielgaben indonesia

Shapes are everywhere! kalau di bukunya Dr.Seuss yang berjudul ” The Shape of Me and Other Stuff” di situ diceritakan tentang berbagai bentuk dari benda-benda dan hal- hal yang ada di sekitar kita, the shape of everything I see, a bug…a balloon…a bed…a bike and many more!

img_1140

Gimana sih cara mengenalkan anak pada berbagai jenis bentuk yang ada, tapi dengan cara yang menyenangkan dan seru? saya share tips saya pada saat awal mengenalkan C pada berbagai bentuk ya.

Tips-tips mengenalkan anak para bentuk :

  1. Menciptakan “The Prepared Environment” dimana situasi dan sarana prasarana di sekitarnya , khususnya di rumah mendukung dan memungkinkan anak untuk menangkap topik tersebut.2
  2. Menggunakan materi-materi dan alat peraga yang ada di sekitar kita seperti buku, benda-benda yang ada di sekitar kita dan juga wooden geometric shapes dari laci Spielgaben V4
  3. Mengenalkan nama bentuknya satu per satu kepada anak dengan menunjukkan benda aslinya.
  4. Mengajak anak mengumpulkan benda-benda dengan bentuk tertentu yang ada di rumah. Misalkan pada saat mengenalkan persegi panjang, anda dapat mengajak anak mengumpulkan buku, majalah, dll.
  5. Mengajak anak untuk berkreasi menggunakan berbagai bentuk-bentuk

image

Kali ini saya menggunakan peralatan dari laci #7 Spielgaben V4 dan saya menyiapkan label nama untuk setiap bentuk geometri yang ada.

image

Selanjutnya saya perkenalkan satu per satu nama dari bentuk geometri tersebut dan berikan kesempatan untuk C untuk meraba dan memegang setiap bentuk sambil menyebutkan namanya.

Saya : “C, I would like to introduce you new shapes.” “This is Rhombus….”

Saya : “Can you tell me, which one is Rhombus?”

C : menunjuk ke arah Rhombus

Saya : “What is this C?” (saya menunjuk ke arah bentuk Rhombus)

C : “This is Rhombus.”

Apabila si kecil sudah menangkap konsep dan menjawab dengan benar artinya ia sudah mengerti. Apabila si kecil belum tepat menjawab, it is totally OKAY karena kita bisa mencoba lagi di lain kesempatan. Kebayang ya sekarang berarti satu per satu dikenalkan ke anak hehe, banyak sekali ya? ya iya, tapi kalau bukan kita orang tuanya yang memberi tahu, lalu siapa yang akan memberi tahu? kasian kan kalau si kecil sedang dalam masa absorbent mind dan ingin tahu ini itu tapi keinginan itu tidak terpenuhi.

image

Selain itu ada berbagai jenis segitiga dan kali ini saya mengenalkan equilateral triangle (segitiga sama sisi), Obtuse triangle (segitiga siku-siku), Isosceles triangle dan juga Scalene triangle.

image

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan saat si kecil sudah kenal dengan berbagai bentuk adalah mengelompokkan berbagai bentuk geometri. Ini adalah salah satu dasar matematika loh!

image

Selain itu saya juga mengenalkan pada C bahwa beberapa bentuk dapat dibentuk dan digunakan untuk membuat bentuk lain loh! isn’t it amazing C?

image

Dengan secara langsung anak diberikan kesempatan memanipulasi berbagai bentuk geometri tentunya anak akan mudah mengingat dan menangkap ide yang ingin disampaikan.

mandala untuk anak

Yang ini buatan C, mandala yang ia susun dari berbagai bentuk geometri yang ada di learning resource Spielgaben V4. Sekali lagi kegiatan ini memberikan ide dan kesempatan untuk C menyusun sesuatu dari berbagai bentuk-bentuk menjadi suatu design yang sangat keren! Melatih kesabaran dan koordinasi mata dan tangan loh. Untuk IMC Mommies di Indonesia, kalau dulu sekali ketika C masih usia 1-2 tahun Spielgaben baru bisa didapatkan di USA dan di Australia, saat ini Spielgaben V4 sudah bisa langsung di dapatkan di Indonesia loh! Cek info lengkapnya di website Spielgaben Indonesia langsung ya!

Oh ya untuk berbagai ide kegiatan lain sebelumnya menggunakan aparatus Spielgaben bisa IMC Mommies klik di link di bawah ya! Semoga ide-ide seru ini membantu dan si kecil juga lebih semangat.

 

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *