Mengenalkan Pembagian Untuk Anak Sekolah Dasar

Hi Moms, gimana liburan sekolah? sudah mulai libur belum yah di sekolah anda? kalau di sini sudah libur nih dari beberapa minggu lalu. Bagi C kalau ga ke sekolah berarti full homeschool YAYY!! gitu kata dia…heheheheee jadi, saya lebih intensif menyiapkan berbagai kegiatan outdoor dan juga indoor ya…kebayang kan 10 jam bersama C! hahahahaa…yang saya amati dari perkembangan C yang hampir berusia 5 tahun, ia menginginkan tantangan baru dan di level yang berbeda.

Jadi, yang 2-3 tahun lalu itu C sudah tersenyum lebar , mata berbinar sambil terpana memegang DIY Flubby Jelly dan berbagai permainan sensori (Oh , How I miss that moment!!!!!). Kalau sekarang C ga akan puas disuguhi berbagai mainan sensori yang sudah sering. Dia bisa berkomentar “Mommy, yang lain dong ini kan udah sering…” (GLEK!!!! Where is my babyC?)

Suatu pagi di saat liburan C meminta kegiatan matematika menggunakan papan pembagian. Karena sebelumnya kami sedang kegiatan menggunakan berbagai bentuk geometri menggunakan Spielgaben V4 , akhirnya kami menggunakan loose parts Spielgaben juga untuk review konsep pembagian. Oh ya Moms, memang untuk kegiatan ini ada di buku Montessori di Rumah : 55 Kegiatan Matematika dan disarankan untuk >> 5.5 tahun untuk mengenalkan secara visual dan muskular konsep pembagian.

Selanjutnya C menyiapkan DIY papan pembagian (Do it Yourself Montessori Division Board) yang dibuat dari printable yang bisa digunting dari buku Montessori di Rumah : Aktivitas Matematika (Buku besar) yang sampulnya di bawah ini.

 

 

Kali ini saya yang memberikan beberapa soal-soal untuk C. Bisa juga dilain kesempatan C membuat soal sendiri ya! Setelah C mendapat soalnya, C mengambil wooden dots Spielgaben V4 sejumlah pembagi dan skittles (bisa menggunakan benda lainnya) untuk mewakilkan jumlah yang dibagi.

Jadi, misalkan 20 : 5 , ambilah 20 wooden dots dan letakan di wadah. Lalu letakkan 5 buah skittles. Selanjutnya C akan membagi secara rata. Kali ini kami melakukan pembagian tak bersisa.

 

Selanjutnya 15 : 3 itu berapa ya C? nah dengan satu per satu meletakkan dots di DIY papan pembagian, anak secara visual dapat melihat sendiri bahwa 15 dibagi 3 itu masing-masing 5 buah. Untuk variasi kegiatan, anak-anak dapat diminta membuat sendiri “soal” dan setelah dibagi diminta menentukan apakah pembagian tersebut bersisa atau tidak. Yuk, kenalkan konsep pembagian secara konkret ke anak pra sekolah dasar! #IMCMathParty #SpielgabenWithIMC

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *