Montessori di Rumah Untuk Bayi 3-6 Bulan Bersama Merries

Dalam sekejap saja tiba-tiba C2 sudah 4 bulan! Yayyyyy…makin seru aja yah journey nya kalau sudah lebih besar. Ga ngerti kenapa tapi saya sendiri merasa lebih enjoy dan senang banget ketika C1 dulu sudah sekitar 5-6 bulanan ke atas. Hmmm banyak faktor ya, mungkin karena tidurnya sudah lebih cukup hehee lalu juga lebih “sturdy” jadi saya lebih rileks posisi gendongnya…selain itu juga sudah lebih independen mulai bisa duduk sendiri, merambat dan lalu merangkak. Memang sih banyak yang mengatakan kalau lebih repot begitu mereka gerak dan MPASI tapi entah kenapa saya malah lebih suka , enjoy dan seru aja sih ketika sudah mulai gerak dan MPASI haha mungkin karena saya sendiri suka gerak-gerak jadi kayanya lebih bersemangat LOL!

Nah di bulan-bulan ini juga sudah mulai banyak kegiatan Montessori yang mulai bisa dilakukan bersama C2…seru kan? Kalau sebelumnya di buku-buku Montessori Di Rumah saya membahas tentang kegiatan anak berusia 3-6 tahun, kali ini saya akan membahas tentang kegiatan untuk bayi montessori #IMCMerriesMontessoriBaby

Montessori di Rumah untuk bayi bisa dibagi menjadi beberapa bagian. Saya akan share apa saja dan apa contoh kegiatannya, seru dan mudah kok!

1.Bahasa

Seperti yang kita sudah ketahui bahwa 0-3 tahun adalah masa-masa penting untuk meletakkan fondasi untuk anak dan perkembangan anak terjadi sangat pesat di masa-masa ini. Salah satu kegiatan sehari-hari yang bisa dilakukan dengan bayi berusia 3-6 bulan di masa ini adalah dengan mengenalkan berbagai benda serta memberi namanya. Anda bisa meletakkan benda-benda yang sudah ada di rumah di basket rotan kecil lalu mulai menamakan benda tersebut satu per satu. Berbagai contoh benda yang dapat dikenalkan sepert selimut, bola, boneka, kaus kaki, diaper, sendok, dll. Carilah momen di mana mood si kecil sedang senang ya. Tunggu sampai si kecil menghadap anda dan terlihat tertarik serta memperhatikan. Ambilah benda tersebut dan perlihatkan sejajar dengan arah pandang bayi lalu katakan dengan jelas nama benda itu . Mudah kan?

tips stimulasi bayi montessori di rumah

2.Keterampilan Hidup

Nah, yang satu ini berkaitan dengan mulai MPASI sekitar 6 bulan nanti. Ajaklah si kecil mencuci tangan sebelum makan lalu letakkan dan perkenalkan si kecil dengan mangkuk kecil , sendok kecil dan lap kecil. Dalam pendekatan Montessori, saya langsung mengenalkan dan menggunakan mangkok dan gelas kecil yang memang dapat pecah. Selain itu akan berkenalan juga dengan cup kecil untuk minum langsung dari situ. Seperti ini ya kurang lebih gelas kecil untuk C2 yang sudah saya siapkan.

montessori di rumah untuk bayi

3.Sosial

Dalam fase usia 3-6 bulan , si kecil semakin tertarik untuk berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Ahhhh that’s wonderful feeling ketika si kecil mulai “ngobrol”. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menstimulasi dan menyemangati si kecil untuk semakin komunikatif adalah dengan mengimitasi suara yang ia keluarkan. Ketika si kecil mulai mengeluarkan suara atau menunjukkan ekspresi wajah, berilah respon dengan mengimitasi suara yang si kecil keluarkan. Apabila ia belum mengeluarkan suara, anda dapat memancing lalu menunggu dan memberi kesempatan si kecil untuk merespons. Hihihi kalau C2 suka mengimitasi “Hiiii” lalu kalau saya katakan “bye bye” sambil melambaikan tangan, dia juga perlahan angkat tangan lohhh …”bye bye” ke grandparentsnya. Sedangnkan C1 mungkin karena sering disebut-sebut namanya ya waktu tahapan fase ini ia bisa menjawab namanya ketika ditanya haha jadi kita sering tanya lagi dan lagi “What’s your name?”ia akan menjawab ”Elebbbbbb” amazing ya bayi-bayi ini.

 

4.Kognitif

Yang satu ini tujuannya untuk perlahan meningkatkan daya konsentrasi si kecil. Satu per satu berikan benda-benda yang ada di sekitar kita seperti kaus kaki , diaper, buku, dll. Berikan kepada si kecil untuk ia pegang serta eksplorasi bebas tanpa instruksi dari kita. Untuk si kecil yang sudah mulai dapat bergerak sendiri letakkan sedikit lebih jauh dan biarkan ia menggapai benda tersebut.Berikan kesempatan selama mungkin untuk si kecil memerhatikan benda tersebut selama ia suka.

tips stimulasi perkembangan bayi

ide kegiatan bayi montessori di rumah

Dengan menggunakan diaper Merries yang lembut dan berdaya serap tinggi, C2 betah lama-lama tummy time sambil “baca” buku kesukaannya #IMCMerriesMontessoriBaby

 

5.Motor

Salah satu keahlian baru yang senang dilakukan bayi pada fase ini adalah menggengam, saya suka sekali menggunakan boneka yang lembut dan memancing C2 untuk mengambilnya dari saya. Letakkan benda sejajar dengan arah pandang bayi , pada saat ia fokus terhadap benda tersebut perlahan berikan benda tersebut ke si kecil supaya ia dapat menggengamnya. C2 senang sekali ketika berhasil menggengam boneka kesayangannya. Yay I did it!

tips stimulasi montessori untuk bayi

6.Sensori

Untuk yang satu ini anda dapat mengenalkan dan memberikan kesempatan si kecil untuk memegang dan eksplorasi benda berbagai tekstur dan bentuk ya! kumpulkan benda-benda sehari-hari yang sudah ada di rumah dan satu per satu berikan kesempatan si kecil untuk memerhatikan dan eksplorasi.

Senang banget rasanya pada fase ini C2 sudah semakin aktif, suka ngobrol, dan semakin ekspresif. Ia juga mulai dapat mengutarakan kalau diapernya sudah penuh. Untungnya selama ini C2 selalu menggunakan diaper Merries @merriessmile yang lembut dengan daya serap maksimal, C2 bebas bergerak , eksplorasi dan bebas iritasi! #IMCMerriesMontessoriBaby

montessori imc challenge merries

Oh ya, yuk yang udah lama kangen seru-seruan bareng @indonesiamontessori untuk bulan September 2018 ini C2 mau ngajak #IMCMerriesMontessoriBaby untuk seru-seruan bareng…woohooo excited banget karena baru pertama kali ini C2 bisa ikutan IMC Challenge hehehe, kalau sebelumnya IMC Challenge mungkin belum dapat melibatkan babies…justru kali ini diperuntukan khusus untuk bayi berusia 3 tahun ke bawah. Gimana cara ikutnya?

  1. Registrasi 31 Agustus – 9 September 2018 dengan cara Follow @indonesiamontessori dan @merriessmile , Repost banner IMC Challenge dan ajak 5 teman ikutan ya! sertakan #IMCMerriesMontessoriBaby #MerriesSmile
  2. Akun tidak dikunci
  3. Untuk semua Indonesian Moms dengan anak berusia dibawah 3 tahun
  4. #IMCMerriesMontessoriBaby Challenge berlangsung 10 September – 10 Oktober 2018
  5. Keputusan mutlak dan tidak bisa diganggu gugat
  6. Tidak dipungut biaya apapun dan diperuntukan untuk bayi berusia 3 tahun ke bawah

Have fun #IMCMerriesMontessoriBaby , yuk seru-seruan dan stimulasi bayi montessori di rumah bersama @indonesiamontessori dan @merriessmile !

Nah, IMC Moms & Babies bisa menjadikan contoh kegiatan C2 di atas untuk stimulasi montessori di rumah ya!

Jadwal kegiatan #IMCMerriesMontessoriBaby Challenge :

10 – 16 September 2018 : Stimulasi area bahasa Montessori di Rumah untuk bayi & ceritakan pengalaman anda dengan si bayi

17 – 23 September 2018 : Stimulasi area sosial Montessori di Rumah untuk bayi & ceritakan pengalaman anda dengan si bayi

24 – 30 September 2018 : Stimulasi area kognitif Montessori di Rumah untuk bayi & ceritakan pengalaman anda dengan si bayi

1- 7 Oktober 2018 : Stimulasi area sensori Montessori di Rumah untuk bayi & ceritakan pengalaman anda dengan si bayi

8-10 Oktober 2018 : Sharing ups and downs selama kegiatan montessori di rumah dengan bayi anda dan juga testimonial menggunakan popok Merries.

*Dalam setiap upload foto kegiatan dengan si bayi pastikan anda mencantukmkan hashtag #IMCMerriesMontessoriBaby #MerriesSmile , tag dan mention @indonesiamontessori dan @merriessmile , sertakan cerita singkat tentang kegiatan anda bersama si kecil dan pastikan si kecil menggunakan diaper @merriessmile ataupun ada popok Merries di setiap upload kegiatan anda ya!

*Anda dapat upload foto kegiatan sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan kemungkinan menang anda namun pemilihan winner bukan hanya dari jumlah banyak foto ya Moms, ketentuan pemenang akan dilakukan oleh tim juri Merries, mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Nah, anda juga dapat membuat berbagai DIY Stimulasi menggunakan free #IMCPrintable yang bisa diunduh di bawah :

DIY_Stimulasi_Montessori_Merries_Untuk_Bayi

Unduh IMCPrintable_Montessori_Pengelompokkan_Warna (1)

 

Yuk seru-seruan bareng lagi!!!!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

2 Comments

  • Semoga bisa ikutan agar bisa belajar bersama moms yg lain dan dibimbing oleh expert ibu Elvina lim langsung,karena kebetulan saya punya baby berusia 6bulan dan sang kakak yg sangat aktif seusianya yg ke 26bulan.terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *