My Very Own Confinement Period

Woohoooo…beberapa hari lagi aja akhirnya masa-masa confinement akan berakhir…hehehe udah janji sama C1 kalau setelah masa itu saya akan nge-date berdua saja sama dia…ga jauh-jauh cuma dekat rumah aja berhubung selalu harus siap sedia setiap 2 jam aja haha…anyhow…Yeayyy!! we made it to the first month!

Mungkin banyak Moms yang suka lihat di IG stories saya, ngapain sih ya saya upload foto-foto makanan terus…hahaha..well mungkin karena di rumah aja jadi agak kurang kerjaan (ini self denial sih, sebetulnya never ending task) haha anyhow, ya itu hiburan saya kalau lagi iseng ya saya fotoin aja makanan confinementnya…

Apa sih masa confinement? ini adalah masa sehabis melahirkan (postnatal/postpartum/pasca melahirkan) dimana sebaikanya kita berusaha beristirahat dan take it easy! halahhhh ini kontradiksi banget kan sebetulnya? hahaa apa iya bisa “istirahat” dengan adanya newborn di rumah? ya intinya, mungkin jangan terlalu heboh dulu…misalkan baru melahirkan besoknya marathon atau angkat besi 20 kg…gitu deh…kurang lebih ada yang menganjurkan setidaknya 30 hari (kalau ala Chinese), sedangkan adat Jawa setidaknya 40 hari…memang banyak mitos-mitos seputar confinement yang berkembang di antaranya ga boleh mandi 30 hari, musti mandi pakai bunga tujuh rupa, dll…kalau saya gimana ya? saya mix and match aja seperti biasa…yang menurut saya sudah ga relevan ya ga saya ikutin, yang menurut saya masih bermanfaat bagi saya ya saya lakukan…uhukk…ahahahaa..

Jadi selama masa ini saya diharapkan again “take it easy” , diharapkan fokus saya recovery, feed babies, sleep, eat and drink a LOT! jenis makanannya pun beda ya , sengaja diberikan makanan-makanan yang cenderung heaty katanya untuk mengeluarkan angin dan supaya ga kedindiginan…terus terang saya sih kepanasan terus selama sebulan ini….saya juga kena night sweats jadi setiap 2 jam saya terbangun banjirrrrr keringat dan perlu ganti baju Yikess indeedd!! hahahaa thankful sudah lumayan sekarang , semoga setelah masa ini saya lebih kuat dan kedepannya memiliki tenaga spiderman untuk mengurus 2 anak..begitulah harapannya hahaha.

Nah di bawah ini saya share berbagai jenis makanan yang dimasak untuk saya selama masa ini..

Ada beberapa Moms yang DM tentang resep nya, sebetulnya ini semua mudah banget kok buatnya, either di slow cooker atau di rebus aja api kecil gitu..setelah semua bahan dicuci udah deh plung plung dicemplungin semua..wkwkwkw…bahan-bahan yang banyak digunakan seperti macam-macam dates dan wolfberries. Sedangkan untuk ayamnya saya menggunakan ayam kampung asli ataupun black silkie chicken (ayam hitam) yang konon katanya lebih sehat.

How do I make fish and papaya soup?
(Gillian’s mother-in-law, Madam Tan Li Cheng shares her recipe)

Ingredients
500 gram ikan
500 gram pepaya muda
3 liter air
4 iris jahe
6 siung bawang putih
3 potong daun bawang hijau
garam secukupnya

Masaklah air sampai mendidih lalu taruh jahe, bawang putih dan daun bawang. Potonglah pepaya muda menjadi kotak-kotak kecil dan buang bijinya (well, bisa juga dibekuin untuk main sensori si kecil hehehe). Tuanglah air mendidih ke buah pepaya yang sudah di potong untuk menghilangkan getah. Selanjutnya masaklah tulang ikan, ikan dan air beserta pepaya muda. Kecilkan api dan biarkan sekitar 30 menit dimasak.

Yang satu ini saya dapatkan dan cobain waktu di rumah sakit, jadi ini salah satu menu favorit saya yang katanya bisa melancarkan produksi ASI juga loh!!! Yummyy

resep menu pasca kelahiran

Resep menu pasca kelahiran lainnya adalah kaldu ayam dengan menggunakan ayam hitam. Siapa sih ayam hitam? hahaha serem gitu kali yaaa….saya juga merasa agak-agak gimana sih pas lihat tapi ternyata enak loh, malahan dagingnya lebih empuk dan rich banget…

Apa aja benefit dari si  ayam hitam ini? menurut peneliti ayam hitam ini memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi loh! Selain itu kandungan Carnosine , zat besi, mineral dan vitaminnya lebih tinggi dibanding ayam biasa…well ok lah kalau begitu saya makan aja…hahaha… banyak variasi yang bisa dibuat menggunakan ayam hitam ini…bisa di bikin fusion juga sih mom…mungkin di coba soto ayam hitam? kalau saya dibuatkan menggunakan red dates, wolfberries, bawang putih dan jahe…enak loh!!!!

Resep ayam hitam pasca melahirkan

Sedangkan untuk minumannya, selama saya di rumah sakit selalu diberi minum either ginger tea atau red dates + longan + goji berry tea… awalnya sih akward ya, tapi akhirnya suka dan sampai saat ini saya masih minum…nih ada di depan saya!! hehehee banyak variasi yang bisa di buat dari red dates , longan dan wolfberry ya Moms! dan ternyata buatnya juga ga susah-susah banget kok. So, untuk Moms yang akan melahirkan atau baru saja melahirkan, silahkan dicoba ya…saya sih merasa tubuh saya lebih bugar dan berisi dibandingkan selama masih hamil…(as you know saya sakit selama kehamilan saya..) hahaha…wish me luck semoga bulan-bulan kedepan saya semakin FIT , karena terus terang ide di kepala udah terlalu menumpuk maklum ga bisa diem! heheheee #PregnancyWithIMC

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *