Natural History Museum di Singapura VS di London

Beberapa saat yang lalu kami sekeluarga sempat berkunjung ke Lee Kong Chian Natural History Museum di Singapura. Semangat banget pas mau kesana karena tahun lalu juga sempat mampir ke Natural History Museum yang di Kensington, London. Tahun lalu waktu mampir ke sana cuma berdua C aja , karena kebetulan suami sedang ada kerjaan tapi tetap ga boleh gagal ya C. Meski jet lag melanda tetap pergi kesana berdua my little C back then! hahaha…kesan waktu pertama kali ke Natural History Museum di London itu WAHHH banget…besar banget banget banget…dan antriannya panjang banget banget banget….hujan-hujan padahal tapi ratusan anak dan orang tua berdiri berjejer antri di luar , well termasuk kami…agak kedinginan juga loh!

Kalau di tanya mau lagi ga ke sana? mau banget hehehee…mungkin bulan-bulan depan bisa aja ke sana tapi oh well, kayanya ada beberapa hal yang kudu dikejar nih..jadi agak susah pergi-pergi dulu sementara ini terutama yang agak jauh hehehe..

Nah ini penampakannya, aku sih suka banget lihatnya, seakan-akan ada di abad yang berbeda kan? hehehehe

Woww….skeletonnya! hehe mau foto di sini antri terus dan rame banget..

Love everything in this room…meski ingat banget pas foto ini C udah kena jetlag dan lagi nangis-nangis di stroller, tetap kudu jepret sana sini pakai HP hahaha…

The Rock and Minerals..

Fossilsssss….everywhere

Keren banget ya ini…

Ahhhh…belum puas rasanya pengen ke sana lagi…kapan yah?

Welcome to the museum….

Suasana antri yang dingin dan hujan rintik-rintik….tetap dibela-belain ya!

Nahhh itu sekilas foto-foto kunjungan saya dan C ke Natural History Museum di Kensington, London tahun lalu. Sekarang saya share foto-foto kunjungan kami ke local Lee Kong Chian Natural History Museum di Singapura ya! lokasinya di National University of Singapore.

Kesan saya pertama kali tiba di Lee Kong Chian Museum gimana yah…semangat tapi ada feeling yang berbeda dengan Museum di London. Bangunannya lebih modern, well actually modern building. Untuk kami yang tiba sekitar jam 11 siang rasanya sepi sekali dan hampir tidak ada antrian. Mungkin bukan high season ya? karena overall reviewnya museum ini bagus kok!

Ada Skeleton Dinosaurus juga, tapi lebih kecil dan overall ruangannya jauh lebih kecil banget. Suami saya yang waktu itu ga ikutan ke Natural History Museum di London sih whoaaa banget, dia suka banget especially karena sepi (iya, dia lebih suka nyepi!) hahaha….he seems excited! saya pribadi senang juga karena setidaknya yang satu ini hanya within 30 minutes, sedangkan kalau mau ke London kan ga setiap tahun ya. Lumayan menurut saya untuk C ga usah jauh-jauh kalau mau lihat-lihat. Museum ini terdiri dari 2 lantai, sama sekali ga besar menurut saya karena dalam 2 jam saja kami sudah selesai lihat-lihat hehehe. Fotonya di bawah ya,

Jenis-jenis pohon yang ada di Singapura

Kalau di perbesar menggunakan mikroskop seperti ini nih..C suka banget bagian yang ini dan cukup lama hang out di bagian mikroskop..

Ada congklakk….hahaha

Bunga bangkaiii….yang baunya tidak sedap itu, C bertanya juga kok bisa bau? tapi di sini kok ga bau ya?

Overall menurut saya Natural History Museum di Singapura saya beri nilai 7.5 dan Natural History Museum di London saya beri 9.8 kira-kira begitu comparison menurut pandangan saya pribadi! hehehee. Tapi kalau dibanding tidak ada sama sekali yah lumayan tinggal ke Lee Kong Chian berhubung cukup dekat ya dan bisa anytime ke sana. Di London saya rasa tidak akan cukup di explore dalam waktu 1 hari, kalau mau puas bisa 2-3 hari balik lagi, sedangkan yang di Singapura saya rasa maksimal 3-5 jam aja cukup kecuali memang ada topik yang sedang ingin dipelajari banget ya! Kalau tiket masuknya di London itu gratis , kecuali mau masuk exhibtion tertentu…duh betulan bikin saya ingin kembali travel ke sana deh kalau begitu. Meskipun gratis, di depannya di jual beberapa buku-buku sekitar 5-10 Poundsterling menurut saya sih OK banget yaaa, saya langsung beli beberapa juga meskipun agak berat bawanya hehehee…bayangin aja udah free, ya beli dong untuk support kelangsungan hidup museum juga loh 😉 Kalau di Singapura kemarin tiket masuknya untuk foreigner seperti kami sekitar 20 SGD an. Yah untuk ukuran Singapura sebagai kota no 1 dengan biaya hidup termahal di dunia segitu bisa dikatakan lumayan deh. Tapi kalau diingat-ingat tiket masuk di London gratis…heheehe…hayoo kira-kira aku lebih suka yang mana? yah emang sih bisa di justifikasi juga kalau ke London mungkin beli tiket pesawatnya kan juga lebih mahal…hehehe so lumayan yaaaa ada di Singapura. That’s all my review IMC Mommies, semoga berguna untuk yang mau mampir ke Singapura ataupun ke London bersama si kecil 🙂

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *