5 Tips Kegiatan Seni Untuk Anak di Rumah: Crumpled Art

manfaat kegiatan seni dengan anak tk

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.”  ~Ralph Waldo Emerson

Setelah lebih dari seminggu suami saya work travel dan saya cuma berduaan saja dengan C di rumah akhirnya suami saya pulang juga yayyyy!!!! senang rasanya haha bukan saja kangen, tapi juga ada yang temenin dan gantian temenin C kegiatan ho ho ho…..multifungsi ya suami itu!

Hari ini terus terang sibuk banget untuk saya, saya mencoba berusaha merapihkan sudut ruangan tempat C kegiatan dan lumayan meski belum seperti yang saya inginkan dan tidak se ideal yang ada di Amerika tapi di ruangan terbatas di Singapura ini bisalah diakal-akalin sedikit.

ide dekorasi rumah montessori di rumah

Yay!!! baru saja selesai saya siapkan, as usual C langsung semangat banget buat dan coba seluruh kegiatan di shelves yang mini ini. Basically di seluruh shelves ini saya siapkan 10-12 kegiatan dari berbagai jenis yang saya rasa C sedang tertarik banget. Seperti biasa, saya believe in following the child, terutama ketertarikan mereka terhadap topik tertentu pada saat itu. It works! Akhir-akhir ini C (well sepertinya selalu ya) hahahaa C lagi tertarik dengan angka-angka begitu, jadi ini berdasarkan permintaan dia sendiri “Mommy, kegiatan tentang anu dong…tentang ini dong…” (Gitu ya kalau udah 4.5 tahun bisa request , dulu sih usia 1-2 tahun ngikut ajaa ya C)

Setelah semua dilakukan, mulailah C merembet ke kegiatan seni.

Kegiatan art di C’s atelier itu biasanya spontan aja. Dulu waktu masih di USA hampir setiap pagi kita do something with it, jujur aja setelah pindah ke SG agak bingung dan mati gaya cari posisi wuenakk untuk kegiatan seperti ini. Untungnya tadi lagi ngobrol sama sahabat lama hahaa dan dapet ide ini, haahahaha jadi C langsung eksekusi semangat 45 ended up painting berjam-jam di berbagai tekstur. Aku biasa ga kasih arahan, so bebas-bebas aja ya ga ada musti gini musti gitu, bebas-bebas aja. Pas ditanya “Can you tell mommy more about it?” Dijawab “Moon rocks, these are moon craters..” ya ampun belom move on juga dari Moon craters dan kawan-kawannya hahahaa lucu ya anak yang lagi tertarik sesuatu , in this case Moon, semuanya di relasikan dengan Moon! have fun ya C! #ArtWithIMC

manfaat kegiatan seni anak tk

So kegiatan yang satu ini, C bebas membuat berbagai bentuk dari kertas yang ia sobek dan remas-remas. asik kan? bebas-bebas aja loh C!

tip kegiatan seni di rumah

Selanjutnya C tempel ke karton warna kuning sesuai pilihan C sendiri. Sengaja saya biarkan aja sih…namanya juga seni, menuangkan ide, imajinasi ke kreasi…bebas-bebas aja ga mau terlalu banyak komentar ah…membuyarkan saja nanti haahaha..

Seru banget deh C kalau yang begini-begini. Saya sengaja membiarkan kesempatan kegiatan seni sebanyak-banyaknya untuk C untuk mengimbangi kegiatan-kegiatan Montessori C, jadi sifatnya mengimbangi.

Ketika saya tanya, eh ternyata C lagi berimajinasi membuat batu-batuan di bulan (Moon rocks) dan Moon craters! teteeeeepppp C masih into bulan dan planet-planet, semuanya berhubungan dengan itu ya C.

Akhirnya sudah mau jam tidur, entah dari mana tenaga anak balita ya 😓 semangat tinggi , energi tinggi mommynya udah lemes banget deh. Mulai dari pagi ini kegiatan dengan segala lifecycle lebah, kodok dkk nya, nimbang-nimbang, kegiatan art 4 macem oh entahlah sudah ga kepoto lagi….bake pizza , montessori math golden beads, about time, Books, open ended with loose parts, about planet? dkk dkk entahlah apalagi semua kegiatan di shelf di rumah sudah habis dan tenaga mommynya juga udah habis… Helppp untung daddy akhirnya pulanggg, gantian yah! #imcrealmomrealjourney kemarin baru massage udah pegal pegal lagi deh….dan sampai detik ini C masih bersemangat45 😎 oh dari mana tenaga anak seusia ini ya….

Nah untuk IMC Moms, yang wondering ini gimana ya tips nya untuk bisa kegiatan seni , acak-acak , warna-warna gini di rumah? aku bagi beberapa tip yang menurutku manjur untuk di rumahku sendiri ya :

  1. Carilah area khusus di rumah yang memang diperuntukan untuk kegiatan seni. Boleh dekat dapur, boleh di dekat halaman rumah, dekat balkon dll.

“I don’t really have studios. I wander around people’s attics, our in fields , in cellars, anyplace I find that invites me.” ~ Andrew Wyeth

2. Letakan peralatan dan perkakas seni, menggambar, kreatifitas yang setiap hari dan sering digunakan di tempat yang mudah di jangkau.

3. Gunakan tatakan di meja dan celemek untuk anak

4. Bagi saya menentukan timing yang pas juga matter, misalkan ketika tidak sedang ada janji ke tempat lainnya, ketika santai dan tidak terburu-buru.

5. Taruhlah lap di sebelah tempat berkreasi jadi kapanpun diperlukan ada dekat jangkauan anda

6. Letakan tong sampah dekat tempat berkreasi sehingga mudah dijangkau apabila diperlukan

7. Dedikasikan waktu khusus untuk bersama-sama berkreasi dan eksplorasi dan katakan pada diri anda “Iya, memang nanti mungkin akan ada spills, akan berecetan di sana sini, tapi spill is good, tidak apa-apa, ini akan jadi pengalaman dan kesempatan berharga untuk anak, bonding time, it is okay, we can always clean up later.”

So, berdasarkan ke 7 hal diatas biasanya saya akhirnya bisa berjam-jam bebas-bebas aja sama C mau membuat apa….heheheehehe ya ga bohong sih kadang juga bisa reluctant khususnya kalau lagi sibuk atau terburu-buru, kan khawatir after nya, tapi menurut saya, ini hal yang tidak bisa diuangkan, momen-momen dan kesempatan ini untuk anak usia dini. So ayo luangkan waktu, siapkan diri anda mental dan fisik hahahaa untuk bersenang-senang berkreasi #ArtWithIMC

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *