Upcycling Our Older Clothes Dengan Teknik Ikat Celup

Hey ya all!!! beberapa minggu lalu, saya dan C1 sempat seru-seruan buat tie dye…iya ini waktu C2 lagi bobo…hmmm tapi akhir-akhir ini C2 lebih sering bangun dan mau ikut lihat-lihat yaaa…apalagi kalau ada suara C1 wkwkwkwkw….wish me luck deh!

Ok, jadi sebetulnya plan buat tie dye yang satu ini sudah lama banget, sebelum #pregnancywithIMC saya sudah pernah terpikir untuk ajak C1 buat dan yakin banget C1 pasti mau dan suka…soooo ya udah kita langsung bongkar bahan-bahan. Kebetulan dulu beli dye nya waktu masih tinggal di USA , ga yakin di Indonesia beli di mana but look around pasti ada deh…selain itu kami juga kumpulkan baju-baju lama C1, saya dan baju C2 yang udah sempit hehehee…dan seru-seruan dimulai!

Sebetulnya apa dan gimana sih teknik ikat celup?

Teknik ikat celup adalah kerajinan kain favorit untuk anak-anak dan orang dewasa segala usia. Dengan menggunakan berbagai cara pengikatan, Anda bisa menciptakan berbagai pola yang menarik dengan teknik ikat celup. Berbicara mengenai pewarna, ada berbagai jenis pewarna siap pakai yang bisa digunakan, dan umumnya bisa didapatkan di toko kerajinan atau pengecer biasa di tempat Anda. Anda juga bisa membuat pewarna dari bahan-bahan alami! Langkah-langkah untuk melakukan teknik ikat celup hampir sama, baik menggunakan pewarna komersial atau buatan sendiri. Anda perlu mengikat kain untuk menciptakan pola yang menarik dengan pewarna, menyiapkan kain untuk diwarnai, dan merendam kain di dalam pewarna untuk menciptakan karya ikat celup yang luar biasa. (Source : wikipedia)

Kali ini kami eksperimen dengan karet gelang, berbagai bagian dari baju diikat menggunakan karet gelang, kira-kira pattern apa yah yang muncul? hehehee saya paling suka deh #ArtWithIMC yang abstrak-abstrak gini…


Nah setelah sudah basah merata semua , gulung dan bungkus menggunakan plastik serta diamkan overnight….

Keesokan harinya, cuci dan bilas berkali-kali sampai warnanya bersih lalu jemur dannn…ta…daaaaaa…keren yaaaaaa!!!!

Suka deh gradasinya hehehehe…jadi ingat baju-baju polo shirt belel belel jaman 2010 an waktu masih lebih mudah uhukkkk…..yuk dicoba!

Unduh Free #IMCPrintable pengenalan warna dan gradasi warna di bawah ya! Have Fun!

Unduh IMCPrintable_Montessori_Pengelompokkan_Warna (1)

IMCPrintable_TABLET_WARNA_IMCNipponSpotlessPlus

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *