DIY Construction Letters

Montessori di Rumah

Dear IMC-ers, salah satu kegiatan #IndonesiaMontessoriHomeschool kami kali ini adalah membuat berbagai bentuk abjad menggunakan es batu berbentuk stik. Yes, es batu! pertama-tama momC sudah bekukan beberapa stik es batu berwarna warni beberapa hari di muka, dan pada saat ingin dimainkan langsung saja disiram air hangat di bagian belakang cetakan es dan siap dimainkan.

photo 4-166

Kegiatan ini sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, karena menggunakan es batu , jadi bisa sekalian dijadikan permainan sensori juga. Selain itu pada akhir kegiatan kami juga melukis menggunakan es batu berwarna ini…C bilang “ddiiingiinn…”

photo 3-204

This is “H” huh …huh….bunyinya huh kata C. Kegiatan ini selain seru karena pakai yang dingin-dingin, juga momC berikan kepada C yang sedang suka dengan berbagai alphabet. Menurut pendekatan Montessori,hendaknya kita memperhatikan periode sensitif setiap anak dan menstimulasi dengan kegiatan yang sesuai saat ketertarikan itu muncul. Jadilah segala sesuatu berbau-bau alphabet, mulai dari pasta berbentuk alphabet….play dough berbentuk alphabet dll.

photo 2-258

This is “Ffff Fffff…” as in Fffffiissshhhh kata C….memang menggunakan stik es batu ini kami terbatas hanya dapat membentuk abjad-abjad tertentu dan kebanyakan huruf besar, selain itu setelah dimainkan beberapa saat es batunya mulai mencair. Tapi cukup lama juga dan seru karena licin dan dingin hehe…

review spielgaben indonesia montessori

Selain itu bermain dan eksplorasi berbagai bentuk stik untuk membentuk alphabet merupakan salah satu cara yang hands on untuk mengenalkan anak pada alphabet tanpa menggunakan pen/pinsil terutama saat si kecil belum siap. Selain menggunakan DIY Construction Letter es batu, kami juga suka menggunakan berbagai stik dan kurva dari Spielgaben Versi 4 untuk membentuk berbagai kata , seperti nama C sendiri dll.

Masih banyak ide lain yang dapat IMC-ers lakukan seperti menggunakan stik es krim yang diwarnai, coton buds yang diwarnai dll. Coba dilihat-lihat di sekeliling rumah pasti saja ada yang bisa digunakan untuk kegiatan DIY Letter Construction , Have Fun!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *