DIY Play Dough – Dari Tepung Tapioka- Bebas Gluten

Resep Play Dough DIY Edible

Dear IMC-ers, memasuki kegiatan IMC Challenge bulan Oktober yang hari ini bertemakan “Play Dough”, pagi ini MomC dan C buat Play Dough. Kali ini sedikit berbeda dari biasanya ya. Kali ini kamu gunakan tepung tapioka (yang berasal dari singkong) dan bahan makanan lainnya. Terbuat dari 100% bahan makanan membuat Play Dough ini aman dimainkan bagi anak usia dini.

Resep Play Dough DIY Edible

Resep DIY Play Dough dari Tepung Tapioka :

250 gram Tepung Tapioka

200 gram Puree Pisang / Puree Ubi Manis / Selai Kacang

Kali ini MomC buat 3 rasa (hummm udah kayak bikin kue aja), pertama-tama adalah rasa selai kacang (Hati-Hati bagi yang alergi kacang ya!) , kedua kami buat rasa pisang dan kami campurkan serbuk coklat (woww chocolateyy kata C!) , dan ketiga kami buat pakai puree ubi (sweet potato). Entah kenapa MomC paling suka yang coklat-pisang dan C paling suka yang ubi! hahaha entah teksturnya atau bagaimana kami punya favorite yang berbeda. Ta daa…presenting our artisan dough…made with love by MommyC and C!

photo 3-180

Kami buat bulatan kecil-kecil dan C mulai berhitung tanpa disuruh. Akhir-akhir ini C lagi suka menghitung segala sesuatunya. MomC senang sekali karena momC ngga pernah ngajarin counting apalagi kasih worksheet itung-itungan….belum waktunya banget deh ya! C akhir-akhir ini suka sekali bermain mana yang lebih banyak? MomC punya atau C punya? kalau kata C “this is lesser this is greater!!!” terus kalau sama C suka bilang “this and this are the same, they are EQUAL!!!! YAYYY!!!” terus tepuk-tepuk tangan hahaha…

photo 4-146

Karena warnanya yang senada dan netral, MomC mengajak C untuk mengelompokkan “kue-kue bola” kami tujuannya untuk mengasah visual ya, C bisa bedakan warna coklat berdasarkan tua dan muda dan juga dari tekstur dan melalui indra penciuman.

photo 5-112

Selain itu kami juga main “Jualan Kue Bola” . C pura-puranya bagi ke MomC kue nya , dan C mulai hitung lagi jumlah kue C tinggal berapa. Entah kenapa dia suka banget kegiatan ini.

photo 2-230

Nah selanjutnya kami juga bermain “Kue Ulang Tahun”. Karena akhir-akhir ini C suka sekali kalau dengar ada undangan “Birthday” dan terus menerus mengingatkan MomC kalau dirinya nanti beberapa bulan lagi akan berulang tahun. C bilang ke MomC ia ingin kue yang coklat semua, bentuknya persegi panjang dan ada kereta. Keretanya harus ada roda dan lokomotif nya dan keretanya juga mau yang warna coklat. haha, selalu diingat-ingatkan ke MomC dan DadC . lucu juga ternyata menjelang usia 3 , anak lebih mengerti konsep ulang tahun ya! Dalam pendekatan Montessori, ada juga loh cara merayakan ulang tahun,nanti si kecil di beri bola dunia dan diminta memutar satu kali bola dunia itu. Maksudnya, pada saat Bola Dunia berotasi satu kali penuh yakni 365 hari, C akan bertambah usia, Wow so thoughtful ya! tunggu nanti ya MomC pasti akan ulas “Birthday Activity the Montessori Way!”

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).