DIY Paint Dabbers

Kegiatan prakarya anak prasekolah

DIY Paint Dabbers

 

Kalau Mommies sering lihat alat berbentuk seperti spidol tebal yang berisi cairan cat dan biasa digunakan si kecil untuk berkreasi tanpa perlu menggunakan kuas seperti foto di bawah ini…biasa disebut  paint dabbers. Yuk buat sendiri di rumah!

ide kegiatan anak prasekolah

Kali ini C dan MomC kehabisan tinta paint dabbers kami. Biasanya paint dabbers digunakan saat C ingin berkreasi bebas tetapi mess free (ga terlalu berantakan), atau saat last minute MomC lagi ga sempat siapkan kegiatan apa-apa. Dan karena kali ini tinta paint dabbers kami sudah kering, dan MomC udah terlanjur janji mau “painting” so dibuatlah DIY Paint Dabbers dengan Pom Pom andalan 🙂

photo 5-71

Dengan berbekalkan Pom Pom andalan dan jepitan baju serta berbagai warna warni cat, C dapat berkreasi bebas mirip-mirip dengan menggunakan paint dabbers. Cat nya bebas ya, bisa cat akrilik, cat buatan sendiri (dari tepung dll), atau apa saja yang ada di rumah.

tips kreatifitas anak usia dini

Pertama-tama MomC mengundang C  untuk mencocokan warna Pom Pom dengan cat yang sudah disiapkan, dan tentunya dengan antusias C langsung mencocokan Pom Pom tersebut sekaligus membuat pelangi.

Kegiatan prakarya anak prasekolah

RAINBOW!!!!!

Selanjutnya DIY Paint Dabbers menggunakan Pom Pom ini dapat digunakan untuk berkreasi bebas dan mengaplikasikan berbagai jenis bentuk, mulai dari bentuk bulat-bulat dan juga bisa ditarik garis ke berbagai arah…pokoknya endless possibilities…mulai dari awalnya pelan-pelan menarik garis , sampai C akhirnya mulai mencampur-campur warna…Wow seru sekali ya, C campur-campur macam-macam warna yang ada sambil bilang “Jadi apa sekarang? merah dan kuning , jadi apa sekarang?”

photo 3-120

Super Fun! selanjutnya C juga menekan DIY Paint Dabbers ini sehingga seakan-akan dia sedang menggambar dan menulis…sekalian MomC mengundang C untuk menebak…apa ini C ?

photo 1-148

It was supposed to be an “A”. Melukis dan menulis menggunakan jepitan baju dan Pom Pom ternyata menantang juga loh Mommies, MomC mencobanya sendiri dan ternyata dibutuhkan koordinasi mata dan tangan serta pincer grasp yang lebih presisi…juga melatih hand control yang baik nih…karena pom pomnya suka gerak-gerak..kadang-kadang perlu ditekan dan dicapit ulang menggunakan jepitan bajunya. Justru disitu serunya !

photo 3-121

C masih asik melanjutkan dengan melukis bebas dan mencampur warna bebas….what a fun activity to do! 

photo 1-147

Yuk dicoba, mudah dan seru loh!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *