Montessori di Rumah Usia 0-2 Tahun

Beberapa minggu terakhir ini, C2 semakin ingin ikutang kegiatan #homeschoolwithIMC seperti C1. Ada kalanya ia sulit ketika diajak tidur hehe malahan mengajak kami beraktivitas. Setelah dibacakan buku cukup lama dan berulang-ulang, ia masih ingin tahu ini dan itu. Jadi teringat ke masa-masa C1 berusia 1 tahun….juga sama seperti ini hehehe non-stop!

Ada beberapa kegiatan Montessori di rumah yang C2 coba minggu-minggu ini , saya share di bawah ya :

  1. Sensory Bin dengan menggunakan sago pearls

Meskipun bermain sensori bin bukanlah kegiatan rutin pendekatan Montessori, namun saya merasakan kegunaannya dan C1C2 suka sekali. Dalam #homeschoolwithIMC saya selalu mengevaluasi, mix and match sendiri berbagai pendekatan, opini serta metode untuk anak-anak saya yang baiknya disesuaikan untuk setiap anak. Mungkin ada moms yang bertanya kok saya hanya menerapkan 70%? saya percaya setiap pendekatan memiliki kelebihan, dan setiap anak berbeda. Dengan demikian sangatlah wise apabila kita mengambil hal-hal baiknya dan tentunya yang COCOK dengan anak kita. Seperti ketika saya kuliah ke Amerika, apakah 100% saya mengambil mentah-mentah semua kebudayaan dan kebiasaan mereka? tentunya tidak. Tentunya segala sesuatu harus kita cocokkan dan juga mix and match dengan hal yang kita percayai, nilai keluarga, dll. Bukankah di dalam kehidupan seperti demikian? ambillah positif dan bagusnya dan yang cocok untuk personaliti anak 🙂

2. Dry pouring (tuang menuang benda padat)

Kegiatan ini saya bahas di buku Montessori di Rumah : 55 Kegiatan Keterampilan Hidup yang sebetulnya bisa dimulai dari usia 2 tahun. Karena kali ini adalah pengalaman pertama C2, tentunya C2 perlu berusaha keras untuk dapat menuangkan cup kecil berisi sago pearl ini ya! Meskipun banyak tumpah di sana sini, it is okay C2!!! we will learn again tomorrow!

3. Transfer Pasta (memindahkan pasta dari satu bagian ke bagian lain menggunakan jari).

Selain itu C2 juga masih excited dan belajar memindahkan pasta dari satu area ke area lain. Saran saya untuk yang ingin memulai, biarkan anak memindahkan beberapa pasta dulu saja ya. Lalu perlahan ditambahkan sedikit demi sedikit.

4. Memasukkan pom-pom

Selanjutnya adalah memasukan pom-pom. Nah yang satu ini, mom dapat DIY menggunakan kardus, kontainer makanan, dll ya! Tidak selalu harus menggunakan pom-pom , anda dapat kombinasi dengan menggunakan benda lainnya. Yang satu ini juga menjelaskan kepada si kecil bahwa benda yang tidah terlihat (sudah masuk ke kotak) sebetulnya tidak hilang loh! ketika si kecil buka lagi box nya, pom-pom nya masih ada!

5.Eksplorasi Berbagai Bunyi

Nah, ini kegiatan favorit C2. Tentunya ketika melakukan kegiatan Montessori di Rumah khususnya untuk anak-anak berusia di bawah 3 tahun, kita perlu supervisi ya mom.Contohnya menggunakan benda-benda kecil seperti biji-bijian dan benda lainya yang memiliki kemungkinan dimasukan ke mulut. Untuk eksplorasi bunyi, anak dapat bereksperimen menggunakan benda apa saja yang ada di rumah. Kali ini C2 menggunakan kontainer makan berbahan stainless, stainless straw (WARNING : anda perlu memperhatikan anak karena ujungnya yang cukup keras dan tajam!) dan pasta.

Ahhhh senangnya, meskipun jujurrrrr hahahahaha lelah sekali pada fase ini, namun semakin banyak kegiatan Montessori di Rumah yang bisa kami lakukan bersama. Oh ya, untuk kegiatan dengan C2 yang baru saja berusia 1 tahun, terkadang tray kayu yang berat kami bawa berdua, ataupun saya bantu. Selanjutnya saya akan share bagaimana cara menerapkan Montessori di Rumah keterampilan kehidupan seperti membantu ”bersih-bersih” ya!!! Happy trying!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *