Second Week of Homeschool With IMC

The quitest moment in our house : early morning!

Pagi-pagi buta di kala semua masih tidur pssstttt…haha one of my favorite me time moment. Biasanya sambil mendengarkan alunan musik dan secangkir minuman hangat…hahaaha peaceful banget yah!

Moment seperti ini paling cocok untuk baca-baca sedikit, berdoa, dan refleksi hal-hal yang sudah terjadi dan mau dilakukan di #HomeschoolWithIMC

Minggu ini adalah akhir minggu kedua semenjak kami memulai #HomeschoolWithIMC plus gantian sakit , demam, batuk, pilek sekeluarga selama beberapa minggu terakhir fiuhhhh….satu per satu udah mau sembuh…pleaseeeee buruan sembuh dan jangan sampai tertular lagi ya!

Overall experiences were good…meskipun ada moment dimana saya bertanya pada diri saya sendiri…mampu ga yah? ini progressing ga sih? ini child-led enough ga sih? apakah cukup waktu santai, baca buku, main? apakah cukup waktu istirahat ? overall meskipun sehari itu hanya few hours namun ternyata sedikit-dikit menjadi bukit ya.

Semakin mantap dengan keputusan untuk homeschool elementary years….kebayang kan? bisa belajar apapun juga sesuai dengan minat dan bakat tanpa dikejar-kejar ulangan. Bisa dig in sedalam apapun yang anak inginkan tanpa menunggu tahun depan baru lanjut lagi…

Kita sempat field trip ke dua tempat selama 2 minggu terakhir ini. Yang pertama kita mengunjungi Singapore Philatelic Museum dimana juga sedang ada Little Prince Exhibition. Baguussssss!!!!! selain itu kita juga (udah request terus) ke Art Science Museum lagi.

C1 excited banget ketika mikroskop Daddy udah tiba….C1 excited banget banget banget sampai bilang it is the coolest thing ever dll…ini juga hobi dia dll..hahahaha amazing banget ternyata ya C1 kalau bisa melihat lebih dekat pumpkin stem, daun, muscles dll. Daddy briefing dulu dan mungkin karena suka dan tertarik banget C1 langsung bisa menggunakannya , setting sendiri, fokus dll. (Hix, Mommy yang katanya scientist ini aja baru bisa pas usia berapa…soalnya dulu mikroskopnya pinjem rame-rame hixxx ya udah gpp bareng-bareng ya review lagi hahaha).

Salah satu hal yang banyak kita lakukan dan ada waktu karena kita memutuskan untuk homeschool adalah read aloud. Memang serak sih dan sambil batuk gini agak-agak penuh perjuangan hahaha…. menurut saya penting sekali read aloud meskipun C1 sudah bisa baca sendiri sudah lama dan sehari-hari juga membaca banyak sekali buku sendiri. Tetap momen read aloud perlu dan baik untuk anak-anak. Salah satu read aloud minggu ini adalah kisah-kisah nomad dan juga Ancient Egypt….haha maminya yang suka kalau topik ini dan ternyata banyak sekali yang saya sendiri juga baru tahu. That’s the beauty…sama-sama belajar ya!

Di sela-sela waktu luang, misalkan C2 sedang perlu ditemani…biasanya C1 itu reading buffet, mewarnai banyak banget, melukis ataupun bebikinan berbagai hal yang ia lagi suka aja seperti pendulum experiment, main konstruksi, dll.

Untuk matematika, waktunya untuk dig deeper ke berbagai problem solving, puzzle math dan juga pengenalan ke geometri seperti perimeter dan juga sedikit probabilitas.

Can’t wait for next week….udah ada plan selanjutnya hehehe semoga semua cepat sembuh tuntas supaya bisa lebih seru dan maksimal yaaa!!!!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *