Frozen Rainbow Snowflakes Excavation

permainan sensori anak usia dini sekolah rumah

Frozen Rainbow Snowflakes Excavation

 

Kali ini MomC menyiapkan “Frozen Rainbow Snowflakes” dari minggu lalu. Yang satu ini memang membutuhkan persiapan beberapa hari di muka. Karena MomC perlu membekukan beberapa lapisan es warna warni yang juga di isi dengan colorful snowflakes di setiap lapisannya. Kali ini MomC buat 5 lapis saja…jadi minimal total persiapan 5 jam ya, karena dari setiap menaruh cairan warna dan dibekukan minimal 1 jam. Tapi MomC santai aja sih buatnya karena udah jauh-jauh hari jadi pas ingat di tambah lapisan berikutnya dst.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan untuk #IndonesiaMontessoriChallenge bulan JULI 2015 yang bertemakan Pelangi. Ide dari aktifitas dan tema nya sendiri terinspirasi dari lagu berikut :

Dance like snowflakes
Dance like snowflakes
In the air
In the air
Whirling, twirling, snowflakes
Whirling, twirling, snowflakes
Here and there
Here and there.

Nah untuk pembuatan “Frozen Rainbow Snowflakes” nya sendiri dibutuhkan bahan-bahan berikut :

* Air

* Warna Warni Pewarna Makanan

* Mainan-mainan kecil

* Wadah

Mulai dari warna yang diinginkan bekukan satu lapis dulu, lalu cek setelah beku, diteruskan ke lapis kedua dst. Setelah selesai semua warna yang diinginkan dan beku “Frozen Rainbow Snowflakes” siap dimainkan.

kegiatan main anak tk di rumah

Demikian persiapan Invitation to Play yang MomC siapkan beserta perkakasnya , apa saja itu?

* Frozen Rainbow Snowflakes yang sudah beku dan dikeluarkan dari freezer

* Soda Kue berwarna

* Garam berwarna

* Cuka berwarna

* Air hangat (Perhatian : Harap berhati-hati , supervisi penuh!)

* Tong / Tweezer

* Sendok

* Eyedropper

* Spreader (Alat untuk selai)

* Turkey Baster (Seperti eye dropper tapi besar)

Nah lengkap sudah perkakas dan undangan main kali ini, Yippiee!!!!!!

Untuk memudahkan mengeluarkan si “Frozen Rainbow Snowflakes” , MomC tuang air hangat di permukaan cetakannya, ketuk-ketuk sedikit dan ta da…keluar deh dan siap di mainkan 🙂

ide main anak prasekolah di rumah

Pertama-tama C mulai dengan menaburkan garam berwarna di permukaan “Frozen Rainbow Snowflakes” ini. Seru sekali ya!

Kenapa sih kok ditaburi garam?

Garam dapat menurunkan titik lebur (melting point) dari es yang beku itu, dengan demikian akan membantu mencairkan es yang tadinya beku. Kalau anda pernah tinggal atau berkunjung ke tempat yang bersalju, maka garam ditaburi di jalan untuk membantu mempercepat proses mencairkan salju dan mencegah untuk beku kembali.

Nah seperti ini tampak dekatnya “Frozen Rainbow Snowflakes” yang sudah ditaburi salju, perlahan-lahan akan mencair….kegiatan ini juga melatih kesabaran ya, karena memakan waktu kurang lebih 10-15 menit untuk melihat secara kasat mata perbedaan yang kontras.

pendidikan sains anak usia diniSetelah menggukan garam, yang ternyata cukup lama untuk melelehkan pelangi beku kami, MomC juga menyiapkan air hangat dan C menetesi Air hangat ini ke permukaan Es , pada awalnya ia tekun menetesi dengan eyedropper perlahan-lahan tetapi lama kelaamaan iya langsung menuang seisi mangkuk! ha ha ha…ga papa deh, soalnya ternyata 5 lapisan es ini cukup lama mencair nya.

Setelah sebagian mencair dan juga C mulai menggunakan tweezer dan spreader untuk mengumpulkan “Snowflakes” yang ada di dalam “Frozen Rainbow” , C mulai ingin memainkan efek berbuih dari soda kue dan cuka.

sains anak usia dini

Akhirnya dengan penuh antusias C menuang soda kue berwarna ke atas es, selanjutnya minta cuka ke MomC (ini salah satu kegiatan kesukaan C dari dulu , kegiatan yang berbau-bau soda kue dan cuka.)

Klik di sini untuk menonton video klip nya

Di video di atas bisa dilihat betapa antusias dan semangat C saat melihat efek berbuih dari soda kue (baking soda) yang diberikan cuka (vinegar). Selalu menjadi bahan baku yang kami stok banyak-banyak di rumah. Selalu seru!

Setelah sekian lama C mengumpulkan “Snowflakes” dari “Frozen Rainbow” nya berulang-ulang lagi di berikan air hangat, garam dan juga menggunakan capitan untuk mengambil “Snowflakes” nya…akhirnya mencair semua si “Frozen Rainbow” !!!! We did it C!

Nah ini penampakannya ketika sudah hampir mencair semua “Frozen Rainbow” kami. Kegiatan ini betul-betul bermanfaat dan sekali mengayuh beberapa pulau terlampaui. Mulai dari daya imajinasi yang terasah, dan juga mengenalkan sains dasar anak bahwa es dapat mencair, mengasah kemampuan motorik halus anak dengan menggunakan berbagai perkakas untuk mengumpulkan “Snowflakes” dan juga sains dasar mengenai efek dari soda kue yang diberikan cuka yang memberikan / menghasilkan gas sehingga ada efek berbuih dan berbunyi seru itu akibat produksi karbon dioksida dari reaksi antara asam asetat dan sodium bikarbonat)! Kegiatan yang butuh persiapan ini cocok untuk anak usia prasekolah di mana anak mulai curious terhadap segala sesuatu yang terjadi di sekitar kehidupannya. Yuk di coba!

Untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari IndonesiaMontessori.com , silahkan berlangganan gratis dengan memasukkan e-mail anda di kotak oranye , jangan lupa verifikasi e-mail anda ya! Selanjutnya anda akan mendapatkan notifikasi via e-mail mengenai artikel terbaru dari Indonesia Montessori. Selamat Mencoba !

 

 

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *