Take ’em Outside! -10 Benefits of Playing Outside for Children

Dear IMC-ers, salah satu kesukaan C yaitu main-main di luar , di taman, jalan-jalan sekitar pekarangan rumah dll. Memang kadang cuaca ngga mendukung ataupun momC nya yang lelah dll. Tapi selalu saja karena C selalu jauh lebih gembira setelah diajak main keluar….momC berusaha mengajak ia bermain di luar. Terlebih mengingat pedoman dari doktor Montessori dimana ia menyarakan anak bermain di luar setidaknya 1 jam per hari di segala musim! Yes musim panas, hujan , dingin, kering dll…disarankan untuk tetap mengajak si kecil mengenal alam dengan bermain-main di luar!

photo 1-285

Ada berbagai keuntungan yang didapatkan oleh anak yang mendapat kesempatan eksplorasi dan sering-sering bermain di luar seperti yang diungkapkan di bawah ini:

  1. Anak-anak akan lebih mudah berkonsentrasi setelah bermain di alam.
  2. Anak-anak yang sering bermain di alam memiliki nilai yang lebih tinggi saat ujian serta konsentrasi dan disiplin yang lebih tinggi. (Wells 2000, Taylor et al. 2002).
  3. Anak yang suka bermain di luar memperlihatkan kemampuan motorik kasar yang lebih baik termasuk koordinasi, keseimbangan, dan lebih jarang sakit! (Grahn, et al. 1997, Fjortoft & Sageie 2001).
  4. Saat anak-anak bermain di alam bebas, permainan mereka menjadi lebih luas , kreasi dan imajinasi merekapun lebih berkembang dan mengembangkan kemampuan berbahasa dan kooperatif.
  5. Meningkatkan kemampuan kognitid anak, meningkatkan kemampuan observasi, reasoning dan pemecahan masalah.
  6. Mengurangi stress pada anak.
  7. Mengurangi kecenderungan “bully”.
  8. Pengenalan alam terhadap anak usia dini sudah terbukti berhubungan positif dengan perkembangan imaginasi dan rasa keingintahuan anak.
  9. Meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian.
  10. Mengasah kemampuan bersosialiasi dan bekerja sama secara kooperatif.

“There’s no way that we can help children to learn to love and preserve this planet, if we don’t give them direct experiences with the miracles and blessings of nature.”

photo 2-297

Yuk ajak si kecil main-main di luar!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *