TIPS Menyiapkan Kegiatan di Rumah Untuk Orang Tua Sibuk

Hi Mommies IMC , sekali lagi mohon maaf lahir dan batin ya selamat merayakan hari raya Idul Fitri bagi yang merayakan, semoga mendapatkan kedamaian dan silaturahmi yang hangat dengan keluarga dan teman-teman. Wah besok-besok liburan rencananya mau ngapain IMC Mommies? bagi yang ingin memanfaatkan liburan lebaran kali ini untuk menyiapkan kegiatan-kegiatan untuk si kecil yukk…waktu yang tepat rasanya ya sebelum mulai tahun ajaran baru lagi. Salah satu yang dapat kita lakukan adalah menyiapkan kegiatan-kegiatan di muka…sehingga kapanpun si kecil mau kegiatan setidaknya udah ada cadangan hehe…

montessori di rumah lebaran

Salah satu tips yang sedari tahun lalu saya share di @indonesiamontessori adalah melaminasi sendiri kertas-kertas kegiatan maupun pendukung kegiatan seperti printable nomenklatur kartu Montessori, tracing angka dll. Bagi IMC Mommies yang baru gabung dan ingin unduh dan cetak sendiri di rumah berbagai printable gratis bisa ke MENU RESOURCES lalu pilihlah Printable kategori mana yang anda inginkan ya.

Selain itu saya suka melaminasi berbagai kertas kegiatan ataupun memasukannya ke map dengan tujuan bisa digunakan beberapa kali nantinya. Selain itu tujuannya untuk memudahkan menghapus hehe…setelah dilaminasi ataupun dimasukan ke dalam kantong plastik di folder nantinya anak dapat menggunakan spidol dry erase yang bisa dihapus.

montessori di rumah geografi printable

Untuk kartu nomenklatur gratis pulau besar di Indonesia bisa di unduh dan cetak serta laminasi sendiri di kategori printable geografi anak prasekolah. Sedangkan bagi pemilik buku “Montessori di Rumah” karangan saya, bisa anda buka di halaman paling belakang di situ ada gratis kartu pulau-pulau di Indonesia yang bisa anda atau si kecil gunting dan jadikan kartu pengenalan serta kartu untuk mencocokkan pulau-pulau di Indonesia. Sengaja kartu pulau-pulau besar di Indonesia ini saya beri warna yang sama dan warnanya sengaja saya tentukan dari tahun lalu supaya sama dan konsisten. Jadi kalau anda perhatikan saya menentukan warna untuk setiap pulau di Indonesia di kartu printable gratis di website  disamakan di alat peraga dari kain felt dan sengaja saya samakan juga untuk bonus di buku. Guideline ini tadinya belum ada, jadi saya buat sendiri tema warnanya hehe…tujuannya supaya lebih mudah mengingat untuk anak ya.

image

Nah selain itu kertas-kertas kegiatan dulunya satu-satu saya laminasi ataupun masukan ke dalam map diberi cover plastik. Terus terang saja akhir-akhir ini saya agak keteteran memasukan dan melaminasi karena seringnya berpergian dll selain itu sekali buat C suka buat langsung setengah buku dst ….jadi akhirnya saya mencari ide lain yang lebih praktis.

image

 

Saya menggunakan plastik laminasi yang bening yang sudah saya laminasi sendiri, anda bisa mencoba plastik lainnya yang cukup kokoh dan jernih. Plastik ini saya sebut sebagai plastik tatakan dan C dapat menulis di atasnya. Dengan demikian C tidak perlu menunggu saya memasukan lembar per lembar ke folder ataupun melaminasi satu per satu . C cukup mengambil “Plastik Tatakan” , menaruhnya di lembar kegiatan yang ia inginkan dan menggunakan dry erase untuk mengerjakan kegiatan tersebut.

image

 

Setelah selesai dengan kegiatan tersebut “plastik tatakan” tersebut dapat dihapus menggunakan penghapus khusus dry erase ataupun tisu basah maupun lap basah. Saya suka menggunakan tisu basah karena sekali lagi praktis , permukaannya juga lebar jadi sekali hapus selesai segera hehe…

image

Tadinya saya hampir menyerah dan ingin membiarkan C langsung kerjakan kegiatan di buku langsung, namun sayang juga ya kalau hanya bisa digunakan sekali. Selain itu kalau menggunakan pinsil saya merasa lebih sulit menghapusnya dan akan bertanda. So as a practical mom, saya ingin anak saya mendapatkan benefit maksimal namun juga berusaha mengurai kerepotan dan preparation yang diperlukan supaya tidak perlu kejar-kejaran antara persiapan dan eksekusi kegiatan hehe.

5 TIPS Praktis Untuk Ibu Sibuk Seperti MomC :

  1. Pre-prepared activities alias sudah menyiapkan kegiatan-kegiatan di muka dan di simpan. Seperti lembar kegiatan sudah di laminasi atau dimasukan folder. Atau kalau tidak sempat gunakan trik “Plastik tatakan” yang baru saya share di artikel ini.
  2. Pre-prepared Sensory play – permainan sensori itu udah seru, kalau sedang tidak sempat , tidak perlu dihias-hias juga udah seru dan si kecil pasti udah suka (FYI saat ini C sedang menuang-nuang beras sendirian sambil cerita “kenceng banget suara berasnya…”)
  3. Selalu punya kegiatan NON-DIY cadangan. Kita para IMC Mommies jago banget ber DIY (Do It Yourself) mainan sendiri kan ya! of course!! nah tapi kita juga perlu siapin kegiatan-kegiatan non DIY yang kudu dikeluarkan saat keadaan terjepit haha..contohnya saat repot mudik, saat cucian menggunung, dll. Teuteuuppp kalau mau si kecil anteng dan bahagia cadangan selalu diperlukan seperti buku-buku stiker kegiatan sederhana (waktu saya di Indonesia bulan lalu , saya lihat ada buku-buku kegiatan seperti ini seharga 25.000-35.000 IDR an loh!) Selain itu kalau untuk C saya selalu siapkan gunting kecil tumpul, lem, pom-pom, dll untuk C kreasi bebas-bebas saja. (Kemarin C buat “kado” untuk Mama, Papa, Oma, Opa dari pom-pom , pipe cleaner dll)
  4. TIDAK BUANG-BUANG WAKTU. Haha yang ini penting banget ya, intinya kita selalu harus prioritas dalam satu hari ini waktu profuktif kita berapa jam? seperti yang saya pernah share saat talkshow book launching saya yang lalu, memang melakukan kegiatan dengan C, membangun dan aktif di IMC serta merantau di Amerika ini membuat saya selalu perlu prioritas ulang waktu-waktu saya. Kalau ngga penting, ngga menambah value ngga usah dilakukan. Bukan saya ngga suka santai , hehe saya orangnya suka banget nyantai , pampering myself dll. Tapi pasti ada deh kegiatan-kegiatan tertentu yang bisa dikurangin dan diganti dengan menyiapkan kegiatan. Bagi saya personally, kita sekeluarga memang ga suka nonton TV. Kita ngga even langgana TV Cable, karena waktu langganan ga pernah kita tonton haha… jadi sekaran TV itu untuk mendengarkan audio lagu-lagu, mendengarkan series yang memang kita tertarik, reviewnya bagus dan sudah jelas kontenya ingin kita tonton. So bagi kami hampir ngga ada flipping channels time gitu…mungkin kalau di hotel dan lagi ngga ada kerjaan lain aja baru..tapi itu juga bosen sih buat saya hehee.
  5. RUMAH PRAKTIS. Sesuka-sukanya saya dengan dekorasi tertentu, saya give in alias berdamai dengan suasana rumah sekarang yang lebih cenderung seperti sekolahan taman kanak-kanak haha….Saya dan suami tidak make a BIG DEAL out ouf serpihan guntingan-guntingan C ataupun pasir-pasir kinetik yang kadang tersebar di dekat dapur. Hoho….intinya kami berusaha lebih realistik dan lebih sayang diri sendiri serta berdamai dengan ketidaksempurnaan – HEY as long as you can survive here~! hehe tentunya kemarin di Indonesia asik banget ya, serasa di hotel pagi siang malam kamar dan rumah bersih selalu, I am so thankful dengan ART di rumah orang tua kami di Indonesia, thanks a lot for the help really! It is nice to have help, I can imagine I can do much much much more with little help here and there. But for Now, as there are only 3 of us here in the US, let’s make it work and tujuannya supaya survive aja, merem-merem dikit 😉

image

 

 

 

Selain kali ini tips saya dapat dieksekusi langsung, hal ini juga lebih mudah dilakukan oleh Mommies IMC yang mungkin tidak sempat melaminasi satu per satu lembar ataupun tidak memiliki fasilitas laminasi di rumah, so gunakan saya 5-12 lembar plastik bening yang kokoh dan jadikan sebagai “Plastik tatakan” ya! semoga #IMCtips kali ini bermanfaat ya dan dapat mempermudah persiapan kegiatan homeschool dan kegiatan edukatif di rumah dengan anak anda. Have Fun Mommies, kalau sudah di coba share ya dan sertakan #IMCTips 🙂

 

 

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *